Gubernur Longki Resmikan Gedung Baru BPR Palu Lokadana

PALU, Kabar Selebes – Gubernur Sulawesi Tengah meresmikan Kantor Pusat PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Palu Lokadana Utama, di Jalan Samratulangi,Palu, Selasa (12/11/19).

Longki Djanggola mengatakan, kredit yang bergulir di Sulawesi Tengah berdasarkan rilis ojk per bulan september 2019 telah mencapai Rp29,23 triliun dengan jumlah debitur sebanyak 297.455 orang dari jumlah itu yang disalurkan ke segmen UMKM sebesar Rp9,68 triliun dengan jumlah debitur sebanyak 156.433 orang.

Dari segi debitur, Longki akui pelaku UMKM masih yang lebih dominan tapi dari bilangan kreditnya, segmen UMKM masih lebih sedikit daripada non UMKM.

Melalui kesempatan tersebut Gubernur mendorong manajemen BPR kiranya memprioritaskan porsi kredit produktif bagi pelaku UMKM yang membutuhkan stimulan modal bagi kemajuan usahanya ketimbang debitur yang hanya memakai untuk tujuan konsumtif belaka.

BACA JUGA :  Lantik 237 Pejabat di Akhir Tahun, Longki: Ambil Hak Bawahan Saya Tindak

“Sebab segmen BPR sejatinya adalah para pelaku dan penggiat ekonomi rakyat seperti usaha hortikultura, perikanan dan kelautan, kerajinan tangan, perbengkelan, usaha katering, salon, warung makan, dan jasa-jasa lainnya berbasis UMKM. Apalagi dengan dinamika perpindahan ibukota Negara tentu akan memberi keuntungan sekaligus berkah bagi Sulawesi Tengah yang bertetangga langsung dengan Provinsi Kalimantan Timur, lokasi ibukota baru,” papar Longki.

Gubernur Longki pun optimis, Sulawesi Tengah siap menjadi sentra pemasok dan penyuplai berbagai komoditi yang dibutuhkan penduduk ibukota baik kebutuhan pokok, kebutuhan sekunder dan lain sebagainya, dengan menempatkan pelaku UMKM sebagai ujung tombak akseleratornya.

BACA JUGA :  Oki Maskati Resmi Mendaftar Balon Walikota Palu di PDIP

“Dengan diresmikannya gedung kantor pusat diharapkan kinerja BPR Palu Lokadana utama semakin cemerlang, utamanya sebagai mitra Pemerintah Daerah yang menopang kemajuan UMKM, memberi literasi Perbankan dan Keuangan ke masyarakat serta mencetuskan program-program tanggung jawab sosial yang berfaedah bagi pembangunan dan kesejahteraan,” harap Longki.

Sementara itu Direktur Utama BPR Palu Ali Bahadjai menuturkan, dengan diresmikannya kantor pusat baru BPR Palu diharapkan dapat memberikan semangat baru bagi kami untuk terus melayani nasabah dan masyarakat Palu, secara prima serta tentunya turut berkontribusi dalam menunjang pertumbuhan ekonomi di kota Palu dan Sulawesi Tengah pada umumnya.

BACA JUGA :  Sekolah Bantuan Komatsu Diserahkan ke Pemkot Palu

Usai meresmikan Gedung Kantor Pusat BPR, Gubernur Longki melakukan penandatanganan Prasasti sekaligus Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dengan PT Bank BPR Palu Lokadana Utama tentang fasilitas kredit kepada ASN di lingkungan Pemprov Sulawesi Tengah.

Peresmian Gedung kantor pusat BPR Palu Lokadana Utama ini dihadiri Founder MMA Sony Waplaw, Pimpinan Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Tengah, Kepala OJK Sulawesi Tengah, Kepala Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan Sulawesi Tengah, Dewan direksi PT Bank Perkreditan Rakyat Palu Lokadana Utama, Kepala OPD, Instansi Vertikal, Pimpinan Perbankan, Industri keuangan, Investasi, Pelaku Usaha dan Mitra kerja. (*/patar)

Silakan komentar Anda Disini....