Pemda Morowali Peringati HKN ke-55, Generasi Sehat Indonesia Unggul

MOROWALI, Kabar Selebes – Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali melaksanakan upacara Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 di halaman Kantor Bupati Morowali, Senin (18/11/2019).

HKN tahun ini mengambil tema “Generasi Sehat Indonesia Unggul”. Bupati Morowali, Taslim, membacakan amanat Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Sebagaimana telah diamanatkan Presiden dalam pelantikan kabinet Indonesia Maju 2020-2024, bahwa perhatian pemerintah dalam kurun 18 tahun mendatang, di prioritaskan pada pembangunan sumber daya manusia.

Ada dua isu kesehatan utama SDM yang berkualitas, yaitu stunting dan jaminan kesehatan nasional. Sementara, ada dua isu kesehatan nasional lainnya, yaitu tingginya harga obat dan alat kesehatan, serta masih rendahnya penggunaan alat kesehatan buatan dalam negeri.

“Hal-hal tersebut akan menjadi fokus perhatian kita bersama untuk dapat segera diupayakan solusinya,” jelas Taslim.

Dalam kurun waktu lima tahun angka stunting telah berhasil diturunkan hampir 10%.

“Mari kita cari solusi, bagaimana mengatasi masalah pada saat ini dalam memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan akses kesehatan yang adil dan merata,” ajaknya.

Pada lima tahun (2015-2019) masa tugas kabinet Indonesia Kerja, pembangunan kesehatan telah memperjuangkan tiga pilar. Yaitu, paradigma sehat, penguatan akses pelayanan kesehatan, dan penyediaan jaminan kesehatan nasional.

“Saya minta pembangunan kesehatan di daerah, serta pemanfaatan anggaran harus dikelola dan dimanfaatkan secara benar dan bertanggung jawab, akuntabel transparan, serta dengan sistem monitoring evaluasi yang ketat,” tandasnya.

Pembangunan kesehatan menekankan dua penguatan, yaitu optimalisasi inovasi pelayanan kesehatan dan harmonisasi kepentingan pemangku kebijakan.

Semua itu membutuhkan dedikasi dan profesionalitas kinerja pemangku kepentingan pada sektor kesehatan di tingkat pusat dan daerah.

“Melalui momentum HKN ini, marilah kita Konsentrasikan segenap potensi kekuatan dan kebersamaan kita untuk pembangunan generasi sehat,” ujarnya.

“Saya optimis, kita dapat mewujudkan SDM unggul Indonesia Maju, seperti yang diharapkan oleh Presiden Republik Indonesia,” tutupnya. (Ahyar)

Silakan komentar Anda Disini....