Awasi Kinerja dan Tegakkan Kedisiplinan ASN di Sulteng, Satpol PP Bentuk PTI

  • Bagikan

PALU, Kabar Selebes –  Satuan Polisi Pamong Praja  (SatpolPP) Provinsi Sulawesi Tengah, membentuk Petugas Tindak Internal atau PTI. Pembentukan petugas ini dilakukan untuk membantu pemerintah daerah dalam mengawasi kinerja aparatur sipil negara serta bolos pada saat jam kerja.

Petugas Tindak Internal ini juga akan menegakan kedisiplinan bagi para aparatur sipil negara yang ada di lingkup pemerintahan Provinsi Sulawesi Tengah, serta melakukan tindakan apabila ada otoritas perangkat daerah yang melakukan pelanggaran terhadap peraturan daerah.

Kepala Satpol PP Provinsi Sulawesi Tengah, Mohamad Nadir menjelaskan, jika kerja kerja Satpol PP ini telah diatur dalam undang – undang nomor 23 pasal 255 tentang pemerintah daerah yaitu menegakan peraturan daerah, penyelenggaraan ketertiban dan keamanan serta linmas.

Selain undang – undang nomor 23, tugas Satpol PP diatur lagi dalam permendagri dan pp 16 tentang ketertiban dan keamanan yang mana Pol PP harus mampu mendeteksi dan mencegah secara dini setiap permasalahan, bimbingan dan penyuluhan serta adanya pengawalan atau patroli.

“Cuma persoalannya tentang penegakan perda ini, ada beberapa perda di otoritas perangkat daerah, tetapi banyak teman-teman saya di OPD tidak memahami tupoksi Pol PP karena tidak memahami tupoksi pemerintahan, sehingga Pol PP hanya dianggap sebelah mata,” tegas Mohamad Nadir.

Namun, sebelum melakukan pengawasan terhadap aparatur sipil negara maupun penegakan perda di sulteng, PTI ini akan diberikan pelatihan fisik serta pembekalan seperti bagaimana cara melakukan penindakan sesuai dengan standar operasional.

Petugas Tindak Internal ini, nantinya akan diisi oleh 36 personel yang berasal dari seluruh kabupaten/kota di Sulawesi Tengah. Apabila ada pelanggaran peraturan daerah yang terjadi, pihak Pol PP juga bekerja sama dengan TNI maupun Polri.

“Apabila kita butuhkan ke lapangan, kami bekerja sama dengan TNI, kami bekerja sama dengan polisi untuk mengeksekusi jika terjadi pelanggaran perda, tetapi tetap menggunakan standar operasional yang telah diatur dalam PP nomor 2 serta permendagri,” tandasnya.(Gabdika)

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan
Read previous post:
Dua Pelaku Pencurian di Palu Timur Diciduk Polisi

PALU Kabar Selebes - Kepolisian Resor Polres Palu melalui Unit Opsnal Polsek Palu Timur berhasil...

Close