Kodim Poso bersama Pemda Touna Sukses Rehab Masjid Hingga Bangun Penampungan Air

POSO, Kabar Selebes- Bupati Tojo Una-Una (Touna), Muhammad Lahay bersama Komandan Kodim (Dandim) 1307 Poso, Letkol Inf Catur Sutoyo meresmikan pembangunan pembinaan teritorial (Binter) terpadu yang dipusatkan di wilayah Dusun Tanjunglemo, Desa Tombiano, Kecamatan Tojo Barat, Sulteng. Jumat 22 November 2019.

Binter terpadu merupakan program Kodim 1307 Poso bekerjasama dengan Pemda Touna, yang digelar selama sebulan sejak 8 November 2019 telah menyelesaikan sejumlah pembangunan fisik di Dusun Tanjunglemo, Desa Tombiano.

Peresmian pembangunan program binter terpadu dilakukan pengguntingan pita oleh Bupati Touna yang didampingi Dandim Poso yang kemudian dilanjutkan dengan penijauan.

BACA JUGA :  Walikota Palu Silaturahmi Ramadhan di Kelurahan Petobo

Dandim Poso Catur Sutoyo menyampaikan, sinergitas yang terjadi dari kegiatan binter terpadu diproyeksikan dapat mengoptimalkan dampak nyata pada upaya membantu kesulitan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta memperkuat kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Dengan adanya sarana dan fasilitas umum ini diharapkan akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa Tombiano utama adanya kesediaan air bersih yang cukup, dimana masyarakat sebelumnya selalu kekurangan air bersih karena jauhya sumber air. Tentunya adanya fasilitas yang kami bangun bersama-sama menjaga dan memeliharanya,” ucap Dandim.

Bupati Touna, Muhammad Lahay dalam sambutanya dihadapan ratusan warga Tombiano mengatakan, kerja sama antara TNI dan masyarakat seperti di wilayah Tojo Barat harus dipertahankan kesinambungannya agar masyarakat merasakan peran TNI dalam kegiatan karya bakti, karena wilayah Touna masih banyak warga yang membutuhkan pembagunan karya bakti TNI.

BACA JUGA :  Guru Besar IAIN Palu: Agama Mengajarkan Tentang Kedamaian dan Ketentraman

“Kegiatan ini semoga dapat terus di laksanakan oleh TNI. karena di wilayah Touna masih banyak membutuhkan pembangunan karya bakti TNI, kegiatan ini bersifat posistif untuk membangun kembali semangat gotong royong di masyarakat sehingga mampu mengisi pembangunan di wilayah tertinggal yang ada di Touna,” harap Bupati.

Untuk diketahui binter terpadu program Kodim 1307 Poso telah menyelesaikan pembangunan di Desa Tombiano seperti rehab masjid, pembangunan tempat wudhu, pembuatan kamar mandi, pembuatan tong penampung air, dan pembuatan sumur air.

BACA JUGA :  RPJMD Kota Palu Resmi Direvisi

Selain Desa Tombiano binter terpadu juga melakukan pembangunan fisik di Desa Sandada yakni pembuatan MCK baru, pembuatan tong penampungan air dan pembuatan sumur bor.

Sementara dalam peresmian pembangunan binter terpadu Bupati Touna dan Ketua DPRD Touna menyerahkan bantuan 60 paket sembako kepada warga, 10 buah Alquran dan bantuan karpet masjid. Kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan program sunatan masal yang diikuti puluhan anak-anak.(RIYAND)

Silakan komentar Anda Disini....