Ekonomi

Investasi CPM Diharap Berkontribusi Nyata Pascabencana

436
×

Investasi CPM Diharap Berkontribusi Nyata Pascabencana

Sebarkan artikel ini

PALU, Kabar Selebes – PT Citra Palu Minerals (CPM) merespons sorotan yang belakangan ini ditujukan bagi anak perusahaan PT Bumi Resources Minerals (Bakrie Group) yang beroperasi pada tambang emas Poboya, Kota Palu. Salah satu sorotan baru-baru ini disampaikan salah seorang anggota DPRD Kota Palu, Muslimun.

Manager Eksternal Relation & Permit CPM Amran Amier mengatakan Izin Operasi Produksi PT Citra Palu Minerals (CPM) tidak terbit tiba-tiba, melainkan melalui proses yang panjang, mulai dari studi pendahuluan, eksplorasi, studi kelayakan (feasebility study) dan studi Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL).

BACA JUGA :  Sepanjang 2019, Bencana di Sulteng Paling Banyak Terjadi di Sigi

“Izin OP tersebut didahului terbitnya Izin Lingkungan dan Rekomendasi Kelayakan Lingkungan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah. Studi Kelayakan CPM meliputi kelayakan teknis, kelayakan lingkungan dan kelayakan sosial ekonomi. Tentu saja potensi atau ancaman bencana, termasuk gempa bumi dan pergeseran tanah, menjadi bagian dalam studi yang dikaji dan diantisipasi. Hal yang sama dilakukan dalam studi AMDAL dan studi pendukung lainnya,” kata Amran Amier dalam keterangan tertulisnya.

BACA JUGA :  Pemprov Sulteng Prioritaskan Keinginan Anak Korban Gempa Pasigala

Menurut Amran, bahwa operasi produksi PT CPM berakibat perubahan bentang alam juga berdampak pada lingkungan itu disadari dan karenanya melalui praktik pertambangan yang baik dan benar (good mining practices) dengan penerapan pengelolaan lingkungan serta penggunaan teknologi yang ramah lingkungan, dampak lingkungan akibat operasi CPM dikelola dan diminimalisir.

“Terkait bencana 28 September 2018, tentu saja CPM prihatin dan berduka. Karena itu, sejak hari pertama pascabencana, CPM bersama stakeholder lainnya ikut dan berpartisipasi dalam masa tanggap darurat dan masa rehabilitasi dan rekonstruksi. CPM menjadi bagian dari Emergency Respon Team Kementerian ESDM. Bersama beberapa perusahaan dari Bakrie Group, CPM memberikan bantuan kemanusiaan pascabencana 28 September 2019,” kata Amran.

BACA JUGA :  Halim Kalla Serahkan 12 Bilik Huntara Korban Gempa Palu

Izin OP bagi CPM diharapkan menjadi media bagi CPM bersama masyarakat dan pemerintah daerah bangkit dari keterpurukan pascabencana. Melalui investasinya, CPM berharap memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan dan kebangkitan masyarakat Palu dan sekitarnya. (*/patar)