Penyaluran Dana Stimulan Menjadi Keluhan Mendasar Masyarakat Besusu Timur

PALU, Kabar Selebes – Penyaluran dana stimulan perbaikan rumah rusak berat, ringan, dan sedang menjadi keluhan mendasar masyarakat kelurahan Besusu Timur, saat mengikuti reses salah satu anggota DPRD Palu, Irsan Satria yang digelar di Kantor kelurahan Besusu Timur, Kecamatan Palu Timur, pada Rabu (27/11/2019).

Salah satu warga yang mengeluhkan adalah Wilianto. Ia menyayangkan carut marutnya proses pendataan yang dilakukan oleh pemerintah. Sebab setelah beberapa kali dilakukan assessment, justru banyak data warga yang berubah bahkan namanya tidak lagi masuk dalam daftar penerima dana stimulan tersebut.

Ketua RT 2 dan RW 1 Kelurahan Besusu Timur ini juga mengaku, harusnya permasalahan seperti ini tidak perlu terjadi. Sebab, dirinya menilai  pemberian dana hibah tersebut pasti mengacu pada data awal yang disampaikan kepada pemerintah pusat.

“Mungkin ini menjadi hal yang paling utama ingin disuarakan oleh warga disini pak. Kami minta agar fungsi pengawasan DPRD lebih dioptimalkan, khususnya terkait pengawasan menyangkut data penerima dana bantuan perbaikan rumah yang sekarang sudah ramai di berbagai media,”ungkapnya.

Menyauti hal ini, Lurah Besusu Timur Riel Efisen Tandondo mengkaui sulitnya proses assessment yang dilakukan. Sebab prosesnya sendiri tidak hanya satu Dinas, melainkan beberapa dinas terkait seperti Dinas Sosial, Dinas PU, hingga Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Namun Riel menegaskan, warga yang sudah terdata pasti akan menerima dana stimulan tersebut. Sehingga Ia berharap peran aktif warga untuk membantu pemerintah jika diminta data terkait pemenuhan berkas penyaluran.

“Yang pasti di wilayah ini ada sekitar 265 rumah yang akan menerima bantuan. Jadi saya mohon bapak ibu, kalau kami mintai data janganlah marah-marah,”tuturnya.

Sementara itu, Irsan menjelaskan bahwa permasalahan ini sudah disuarakan oleh pihaknya saat melakukan pembahasan Rancangan APBD 2020. Dimana pihaknya meminta agar carut marutnya pendataan ini dapat segera diselesaikan dengan cara membuka pelayanan satu pintu di kelurahan, guna mempermudah proses verifikasi.

“Yang jelas kami akan terus mengawal proses penyaluran dana ini. Insya Allah dalam waktu dekat sudah bapak ibu terima semua,”jelasnya.

Selain itu, warga kelurahan Besusu Timur juga menyampaikan sejumlah seperti penyediaan lapangan pekerjaan, bantuan penyaluran Kube, hingga peningkatan insentif pekerja padat karya.

Pada kesempatan tersebut, Irsan Satria menyumbangkan satu buah mobil ambulans untuk digunakan masyarakat Kelurahan Besusu Timur.(Sobirin)

Silakan komentar Anda Disini….