Korsek Bawaslu Morowali Dilantik, Bertugas Secara Administrasi dan Fungsional

MOROWALI, Kabar Selebes – Kepala Sekretariat Bawaslu Sulawesi Tengah, Anayanthy Sovianita, melantik Syarifuddin Ishak sebagai Koordinator Sekretariat (Korsek) Bawaslu Kabupaten Morowali.

Pelantikan dilaksanakan di Aula Anunta Baru, Kelurahan Bungi, Kecamatan Bungku Tengah, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, pada Senin (2/12/2019).

Diawali pembacaan Surat Keputusan sebagai dasar pelantikan Korsek Bawaslu Kabupaten Morowali. Dibacakan oleh Kasubag Administrasi Bawaslu Sulawesi Tengah, Sakila Labenga.

Dilanjutkan pembacaan Naskah Pelantikan oleh Anayanthy. Disusul dengan pembacaan Pakta Integritas oleh pengurus yang telah dilantik. Kemudian dilakukan Penandatanganan Berita Acara Pelantikan.

Disaksikan oleh Ketua dan Anggota Bawaslu Morowali, dan Bupati Morowali Taslim. Dihadiri Asisten I Setkab Morowali, Kepala Kantor Kemenag Morowali, dan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Morowali.

Kepala Sekretariat Bawaslu Sulawesi Tengah, Anayanthy Sovianita, menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali, yang telah meluangkan waktu untuk hadir pada acara pelantikan Korsek Bawaslu Morowali.

“Pelantikan ini dilakukan karena Korsek yang lama telah kembali bertugas di Pemda Morowali. Sehingga, harus segera mengisi kekosongan jabatan, siapa yang harus mengatur administrasi dan pertanggung jawaban di seluruh tahapan pengawasan yang sudah berjalan,” jelasnya.

Anayanthy mengatakan, bahwa tidak salah menempatkan Syarifuddin Ishak dari Bawaslu Sulawesi Tengah sebagai Korsek Bawaslu Morowali. Ia dinilai sebagai salah satu putra terbaik Morowali yang ada di Sulawesi Tengah.

“Korsek ini merupakan perpanjangan tangan Bawaslu Sulawesi Tengah, yang akan bertugas untuk mendukung secara administrasi dan fungsional, serta dukungan fasilitas sekretariat, termasuk bentuk kerja Bawaslu yang berhubungan dengan jajaran OPD Morowali,” urainya.

Morowali tidak termasuk daerah yang akan Pilkada. Namun mendapatkan tahapan Pemilihan Gubernur Sulawesi Tengah pada 2020. Sehingga, segala bentuk tahapan pengawasan diharapkan kerjasama dari Pemerintah Daerah dan masyarakat Morowali.

“Tentunya untuk menjaga demokrasi dengan sikap netral, serta diharapkan Pilgub dapat berjalan lancar tanpa kendala,” harapnya.

Anayanthy juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Morowali, yang telah memberikan dukungan berupa hibah tanah seluas 1,1 Ha untuk rencana lahan perkantoran Sekretariat Bawaslu Morowali.

“Di seluruh Indonesia, daerah yang baru mendapatkan hibah tanah untuk pembangunan kantor Sekretariat Bawaslu adalah Morowali. Nantinya, Sekretaris Jenderal Bawaslu Republik Indonesia, Gunawan Suswantoro, akan berkunjung untuk melakukan serah terima hibah tanah dengan Pemda Morowali,” jelas Anayanthy.

Sementara, Bupati Morowali, Taslim berharap, Korsek yang baru dilantik agar bisa memberikan pengalaman dari Bawaslu Sulawesi Tengah untuk menjaga keharmonisan dan memaksimalkan kinerja yang sudah dicapai selama ini.

“Mendukung seluruh tahapan pengawasan pada Pilgub 2020 di Sulawesi Tengah. Olehnya, saya berharap Korsek yang baru dilantik, agar bisa membagi pengalaman dari Bawaslu Sulawesi Tengah kepada Bawaslu Morowali, agar lebih baik dan harmonis serta maksimal seperti yang sudah dicapai selama ini, baik di Pilkada maupun Pemilu,” harapnya.

Taslim menambahkan, jika koordinator sekretariat hebat maka jajaran ke bawah juga akan hebat. Karena mereka adalah anak-anak muda yang punya semangat tinggi dalam melaksanakan tugas pengawasan.

“Saya berharap kepada Bawaslu Morowali, dalam menghadapi Pilgub Sulteng 2020, agar seluruh tahapan pengawasan dapat bekerja secara profesional, berintegritas dan menjunjung tinggi netralitas dalam mengawal demokrasi di Morowali,” tutup Taslim. (Ahyar)

Silakan komentar Anda Disini....