Bimtek Peningkatan Kapasitas Ekonomi Bagi Penyintas di Sigi Resmi Ditutup

SIGI, Kabar Selebes – Bimbingan teknis Peningkatan Kapasitas Ekonomi (Livelihood) Masyarakat Desa melalui UMKM pascabencana di Kabupaten Sigi Tahun 2019 resmi ditutup oleh Dirjen Pengembangan Daerah Tertentu RR Aisyah Gamawati, Jumat (6/12/2019) di aula kantor koperasi dan UMKM.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Republik Indonesia tersebut berlangsung selama 4 hari yang dimulai pada tanggal 03 Desember kemarin

Dalam kesempatan tersebut Bupati Sigi Muhamad Irwan menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi khususnya pada Dirjen Pengembangan Daerah Tertentu Kemendes PDTT yang secara khusus memberikan bantuan tersebut kepada masyarakat yang saat ini masih terbilang cukup membutuhkan bantuan pasca bencana.

“Pelaksanaan bimtek ini, untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan recovery levelihood mulai dari skil, mutu dan pengembangan usaha masyarakat, jadi saya harap masyarakat bisa memanfaatkan keterampilan yang sudah ada serta bantuan yang diberikan, dan tentu saja kami akan terus memantau perkembangan usaha bagi masyarakat yang telah menjalani bimtek ini,” kata Irwan.

Ia juga menambahkan bahwa masih banyak bantuan stimulan yang perlu diperhatikan dan didorong oleh pemerintah. Namun setidaknya melalui bantuan ini kata Irwan, dapat mengangkat masyarakat  pelaku usaha dari keterpurukan pascabencana.

Sementara Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Sigi Samuel Y Pongi mengatakan bahwa dalam program ini Kabupaten Sigi menjadi daerah percontohan bagi beberapa daerah lainnya dengan mendapatkan bantuan dari kementerian desa sebagai pemulihan perekonomian masyarakat pasca bencana.

“Setelah melihat beberapa laporan yang kami terima ternyata Kabupaten Sigi menjadi daerah percontohan bagi daerah lain tidak hanya di kementerian desa saja namun di lintas kementerian sehingga saya harapkan agar masyarakat dapat memanfaatkan ini, karena ini akan kita pantau terus   apakah masyarakat benar-benar membangkitkan perekonomian mereka usai mengikuti bimtek ini,” tutupnya.(Arfiah)

Silakan komentar Anda Disini....