Sulawesi Tengah

Banggai Dapat Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

464
×

Banggai Dapat Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

Sebarkan artikel ini

LUWUK, Kabar Selebes – Kabupaten Banggai mendapat penghargaan sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) 2019. Penghargaan itu diserahkan pada Puncak Peringatan Hari HAM ke-71 yang mengambil tema Pelayanan Publik yang Berkeadilan.

Perolehan penghargaan ini untuk pertama kalinya diraih oleh Kabupaten Banggai, yang diserahkan oleh Dirjen HAM Bpk Dr. Mualimin Abdi,SH,MH, kepada  Sekretaris Daerah Kabupaten Banggai Ir. Abdullah Ali mewakili bupati Banggai di Gedung Merdeka Jalan Asia Afrika No.65 Braga Kota Bandung Rabu (11/12/2019).

BACA JUGA :  Warga Tentena Buat Petisi Penolakan Reklamasi Danau Poso

Predikat Kabupaten Peduli HAM diraih Kabupaten Banggai  karena keberhasilan dalam memenuhi hak-hak masyarakat seperti hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak atas lingkungan berkelanjutan, dan hak atas pekerjaan.

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Yasonna H. Laoly, mengatakan penghargaan ini diberikan atas upaya dan keberhasilan kabupaten/kota dalam pemenuhan dan pelayanan publik, yang merupakan bagian dari hak-hak dasar warga dan masyarakat di wilayahnya masing-masing.

“Pemberian penghargaan ini kami laksanakan pada momen yang tepat, yakni pada hari dimana setiap negara di dunia memperingati Hari HAM ke-71 yang mengambil tema Pelayanan Publik yang Berkeadilan,” kata Yasona.

BACA JUGA :  Ketua Persit Kodim 1307 Poso Serahkan Bantuan dan Tinjau Lokasi Kebakaran Lahan

Pada peringatan hari HAM yang ke-71 tahun ini, dari 514 kabupaten/kota di Indonesia, tercatat 432 kabupaten/kota, telah berpartisipasi mengajukan data capaian untuk dinilai pada Kabupaten dan Kota Peduli HAM. Dari jumlah partisipan tersebut, hanya 272 kabupaten/kota yang mampu meraih penghargaan kategori Kabupaten dan Kota Peduli HAM.

Kegiatan ini dihadiri oleh Menteri Kordinator Bidang Politik, Hukum dan HAM, Mahfud MD, Menteri Hukum dan HAM Yasona Laoli Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama di lingkungan Kemenkumham, dan sejumlah gubernur, bupati dan walikota se-Indonesia

BACA JUGA :  Gebyar UMKM Bangkitkan Pelaku Usaha Pascabencana

Pada kesempatan lain Bupati Banggai Herwin Yatim mengucapkan rasa terima kasihnya atas  kerja keras Kabag Hukum dan jajarannya serta semua pimpinan OPD yang aktif menyupport data sehingga Kabupaten Banggai bisa mendapatakan Penghargaaan  dari Pemerintah Pusat Khususnya Kementerian Hukum dan HAM sebagai Daerah Peduli HAM tahun 2018.

“Semoga dengan adanya penghargaan ini semakin memotivasi semangat kita dalam mengabdi dan membangun Kabupaten Banggai yg semakin berkualitas khususnya dalam Bidang HAM. Baraqallah,” ucapnya.(Emay/Humas)