Warga Desa Bolapapu Terdampak Banjir Bandang Rencana Direlokasi

oleh -

PALU, Kabar Selebes- Sebanyak 120 kepala keluarga( KK) warga Desa Bolapapu, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi yang terdampak bencana banjir bandang pada kamis 12 Desember lalu akan segera direlokasi.

Hingga saat ini warga yang berada di pinggiran sungai akan direlokasi mengingat lokasi yang mereka tempati sekarang ini sudah tidak layak untuk dihuni.

Hal itu disampaikan oleh Camat Kulawi, Rully bahwa mengenai akan direlokasi warga yang terdampak bencana agar segera dilakukan.

“Akan tetapi untuk saat ini belum bisa kita bicara mengenai relokasi karena warga yang terdampak masih mengalami trauma”ujarnya.

“Setelah semua warga sudah pulih trauma baru kita bicarakan tentang relokasi dengan mengumpulkan semua warga yang terdampak tersebut,” ata Rully.

Sementara itu Bupati Sigi, Irwan Lapata menyampaikan bahwa ini merupakan kejadian yang kedua kalinya bagi warga Desa Bolapapu, berarti konsepnya segera direlokasi.

“Sehingga kita harus mencarikan tempat baru bagi mereka khususnya yang tinggal di pinggiran sungai. Ketika kita mengantisipasi dengan cara merelokasi kemungkinan besar akan terjadi banjir bandang yang lebih besar lagi jalan satu satunya untuk warga yaitu lakukan relokasi”ujarnya.

Merespons wacana reslokasi warga terdampak banjir bandang Desa Bolapapu, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional Doni Monardo mengatakan relokasi dilakukan dengan melibatkan masyarakat.

“Untuk apa kita relokasi kalau warga tidak mau ikut ke tempat baru, itukahn percuma. Sehingga dalam rencana relokasi warga nantinya harus melibatkan masyarakat. KIta berharap relokasi tersebut sesuai dengan keinginan masyarakat,” kata Doni Monardo saat mengunjungi Desa Bolapapu, Sabtu siang kemarin (14/12). (ifal/patar)

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 65 times, 1 visits today)