Dukcapil Sigi Tergetkan Kepemilikan Akte Kelahiran Anak Capai 90 Persen

Ilustrasi

SIGI, Kabar Selebes – Pemerintah Kabupaten Sigi terus meningkatkan pelayanan pembuatan akte kelahiran khususnya bagi masyarakat kurang mampu dan tinggal di daerah terpencil yang tidak dapat dijangkau.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Sigi Pasobongan mengatakan, pihaknya akan memaksimalkan pelayanan khususnya bagi anak yang tidak memiliki akte kelahiran bahkan sampai di daerah-daerah yang sulit untuk dijangkau

“Saya sudah melakukan beberapa program dimana staf saya itu sudah saya perintahkan untuk turun langsung ke daerah-daerah yang memang sulit sekali dijangkau, baik menggunakan roda empat maupun roda dua, bahkan ada daerah yang harus memakan waktu hingga 2 hari untuk sampai disana, namun hal ini sudah menjadi tanggung jawab kami sebagai pemerintah khususnya dukcapil agar semua hak masyarakat khususnya anak bisa terpenuhi yaitu memiliki akte kelahiran,” kata Pasobongan Senin (16/12/2019).

Ia juga sangat menyayangkan ada beberapa masyarakat yang tidak menyadari tentang pentingnya bagi setiap anak untuk memiliki akte kelahiran. Padahal akte kelahiran tersebut menjadi salah satu syarat utama bagi anak untuk menampuh pendidikan

“Ini memang sangat kami sesalkan bagi orang tua yang masih tidak memiliki kesadaran tentang pembuatan akte kelahiran, padahal hal tersebut sangatlah penting untuk anak agar bisa menempuh pendidikan, sehingga saya harapkan agar masyarakat bisa sadar mengenai administrasi kependudukan mulai dari akte kelahiran KTP dan KK ini harus segera di buat, kita di sini juga semua siap melayani masyarakat dan tentunya tidak dipungut biaya apapun,” ujarnya.

Hingga kini sekitar 10 persen lagi bagi anak khususnya di daerah terpencil seperti Pipikoro, Lindu dan sekitarnya masih belum memiliki akte kelahiran. Namun Disdukcapil akan terus mengupayakan agar daerah terpencil tersebut bisa terjangkau, sehingga target di penghujung tahun ini bagi setiap anak dapat memiliki akte kelahiran hingga mencapai 90 persen dapat terlaksana.(Arfiah)

Silakan komentar Anda Disini....