Diguncang Gempa, Aktivitas Warga Tetap Berjalan Normal

PALU, Kabar Selebes – Gempa bumi tektonik beberapa menit lalu mengguncang Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Gempa terjadi saat warga masih beribadah Natal di gereja-gereja.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sigi Ahmad Yani menyebutkan, aktivitas masyarakat tetap berjalan normal.

“Gempa terasa di Kulawi tapi untuk situasi masyarakat masih aman dan sekarang masih ada ibadah di gereja,” kata Ahmad Yani.

BACA JUGA :  Tiga Kecamatan di Kabupaten Banggai Direndam Banjir

Sebelumnya, Stasiun Geofisika Mutiara Palu, hari Rabu, 25 Desember 2019 pukul 08:56 WITA melaporkan wilayah Kulawi, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah diguncang gempabumi tektonik.

“Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan M = 4.8. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 1.49 LS – 120.08 BT atau tepatnya berlokasi di darat, 12 km arah tenggara Kulawi (Kab. Sigi), Propinsi Sulawesi Tengah pada kedalaman 10 km,” kata Kepala Stasiun Geofisika Palu, Cahyo Nugroho dalam keterangan tertulisnya.

BACA JUGA :  Global Qurban-ACT Siap Distribusikan Lebih Banyak Manfaat untuk Kurban 2020

Menurutnya, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal setempat.

“Berdasarkan laporan masyarakat, gempabumi ini dirasakan IV MMI di Kulawi; III-IV MMI di Palu, Bora; . Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami. Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” urai Cahyo. (*/patar)

Silakan komentar Anda Disini....