Warga Kota Palu Hanya Saksikan Gerhana Matahari Sebagian

Suasana pemantauan gerhana matahari di BMKG Stasiun Palu.(Foto:ist)

PALU, Kabar Selebes – Fenomena Gerhana Matahari Cincin (GMC) menyapa sejumlah wilayah di Indonesia tanggal 26 Desember 2019. Salah satunya adalah di wilayah Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah.

Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Palu, Cahyo Nugroho mengatakan bahwa gerhana matahari yang melintasi wilayah Indonesia sebagian terpantau sebagai Gerhana Matahari Cincin dan sebagian lagi terpantau sebagai gerhana matahari sebagian. Demikian pula di Kota Palu yang terpantau sebagian.

Menurut Cahyo, masyarakat  Kota Palu hanya bisa menyaksikan gerhana matahari sebagian karena presentasi dari masuknya bulan terhadap matahari hanya 80 persen sampai dengan 90 persen sehingga tidak membentuk cincin.

BACA JUGA :  Kapolda Sulteng Baru Kagum dengan Poso

Fenomena Gerhana Matahari ini dimulai pada pukul 11.29 dan puncaknya pada 14.16 wita dan akan berakhir pada jam 15.49 wita.

“Gerhana Matahari yang terjadi hari ini sebelumnya sudah pernah terjadi pada tanggal 14 Desember 2011 lalu. Dan fenomena ini akan terjadi lagi dengan model yang sama pada tanggal 5 Januari tahun 2038 dengan pola yang sama,”ungkap Cahyo.(ifal)

BACA JUGA :  Gubernur Proyeksi RAPBD 2019 Sebesar Rp2,85 Triliun
BACA JUGA :  Rampas Kamera Jurnalis TVRI Sulteng, Oknum Polisi Dihukum Penundaan Kenaikan Pangkat