Lurah Moengko Ciptakan Lapangan Pekerjaan Melalui Mesin Pengelolaan Sampah

POSO, Kabar Selebes- Pihak Kelurahan Meongko, Kecamatan Poso Kota, Minggu pagi 29 Desember 2019 meresmikan Tempat Pengelolaan Sampah Plastik Terpadu (TPST) di wilayah itu.

Peresmian dilakukan secara langsung oleh Wabup, Samsuri dengan melakukan pengguntingan pita tanda TPST bisa segera dioperasikan.

Lurah Moengko, Rutfiah Mangun mengatakan, diresmikannya mesin mengolah sampah plastik, bagian program Kelurahan Moengko untuk mendukung program Pemerintah Daerah Poso dibawah kepemimpinan Bupati Darmin Sigilipu untuk meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga, hingga program penataan lingkungan mendukung meraih adipura.

“Mesin pengelolaan sampah plastik ini khusus Poso hanya ada di Kelurahan Moengko, jadi kami adakan sebagai dukungan kami terhadap program Pemda Poso,” ucap Rutfiah.

Menurut Rutfiah, jika bangunan pengelolaan sampah plastik itu di Moengko sebelumnya sudah berdiri sejak tahun 2007, dan tidak beroperasi. Namun semenjak dirinya menjabat sebagai lurah di Kelurahan Moengko kembali diaktifkan dengan menggunakan anggaran kelurahan untuk membeli mesin tersebut.

Mesin pengelolaan sampah itu akan beroperasi 200 kilo perhari, sementara dilokasi gedung pengelolaan akan mengakomodir tenaga kerja dari keluarga miskin yang nantinya akan menambah pemasukan ekonomi mereka.

“Sampah-sampah yang akan dikelolah itu berasal dari pengumpul-pengumpul sampah dari anak-anak panti asuhan yang ada di Kelurahan Moengko,” kata Rutfiah.

Rutfiah menambahkan, dari hasil pengumpul sampah plastik oleh anak panti asuhan diharapkan mendapatkan uang jajan sendiri, hingga dapat mengurangi sampah plastik dilingkungan mereka.

Selain meresmikan TPST, dihari yang sama pihak Kelurahan Moengko bersama Pemda Poso juga meresmikan hasil pembangunan bedah rumah untuk salah satu warga miskin di Kelurahan Moengko.(RYND)

Silakan komentar Anda Disini....