Rumah Adat Bantaya di Sigi Diresmikan

SIGI, Kabar Selebes –  Bupati Sigi Muhamad Irwan meresmikan rumah adat (Bantaya) di Desa Sibalaya Utara Kecamatan Tanambulava Minggu  (29/12/2019).

Pembangunan rumah adat Bantaya ini merupakan bantuan Kementerian Sosial Republik Indonesia Direktorat Jenderal Perlindungan Sosial Korban Bencana alam.

Dalam sambutannya Bupati Sigi Mohamad Irwan mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Pemerintah Pusat baik Kementerian Sosial dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah atas bantuan pembagunan bantaya ini.

“Kami sebagai pemerintah tentunya berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung proses pembangunan Rumah adat ini, saya harap rumah ada tersebut dapat menjadi ruang atau simbol bagi kabupaten sigi Sebagai masyarakat yang masih menjunjung nilai-nilai adat istiadat yang sudah turun-temurun di kabupaten Sigi,” tuturnya.

Bupati juga mengajak kepada seluruh komponen masyarakat Kabupaten Sigi khususnya di Kecamatan Tanambulava dan sekitarnya untuk memanfaatkan momen peresmian rumah adat ini menjadi penyemangat dalam melestarikan nilai-nilai leluhur yang masih dapat dijadikan simbol-simbol pemersatu dengan memeliharanya.

Peresmian rumah adat “Bantaya” itu ditandai dengan penarikan selubung dan penandatangan prasasti sekaligus dengan pemukulan gong oleh Bupati Sigi.(Arfiah)

Silakan komentar Anda Disini....