Tingkatkan Partisipasi Pemilih di Pilkada 2020, KPU Poso Laksanakan Workhsop

POSO, Kabar Selebes- Dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak untuk pemilihan bupati Poso dan wakil bupati Poso tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Poso mengajak seluruh masyarakat yang puya hak memilih untuk aktif memberikan hak suaranya di pilkada nanti.

Hal itu disampaikan oleh Wilianita Selviana selaku Divisi Sosialisasi KPU Poso saat jadi pembicara dalam pelaksanaan workshop peningkatan partisipasi masyarakat dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Poso tahun 2020, yang dilaksanakan di hotel Ancyra Poso, Sabtu 28 Desember 2019.

BACA JUGA :  Oktober, Hanura Sulteng Buka Penjaringan Bakal Calon

Wilianita juga kemudian menjelaskan sejumlah tantangan terkait partisipasi masyarakat. Tantangan itu seperti adanya berita hoax, adanya sebaran informasi kepemiluan tidak merata, antusias pemilih yang bergantung dengan situasi, adanya gerakan golput hingga pemutakhiran data pemilih termasuk penggunaan KTP elektronik (e-KTP).

Sehingga salah satu cara KPU Poso meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada mendatang dengan cara bekerja sama dan bersinergi dari semua pihak, agar pilkada dapat berjalan lancar.

BACA JUGA :  Longki : Keluarnya Ijal Tak Membuat Gerindra Bersedih Malah Kehilangan satu Kursi di Provinsi

Ketua KPU Poso, Budiman Maliki menyampaikan, sehubungan dengan peningkatan partisipasi pemilih, ada dua hal yang menjadi fokus pada pemilu serentak beberapa waktu lalu, diantaranya minimnya tingkat kesalahan terhadap proses tahapan pemilihan, dan meningkatnya partisipasi proses pemilihan pada saat berlangsungnya pemilu.

“KPU Poso berharap tingkat legitimasi Pilkada nantinya mendapatkan penilaian yang baik di mata masyarakat,” harapnya.

BACA JUGA :  Nama Hidayat Lamakarate 'Berkibar' di Musda Golkar Sulteng

Kata Budiman, dengan ada pelaksanaan workshop ini diharapkan ada masukan-masukan dari masyarakat untuk dijadikan bahan evaluasi, guna peningkatan kualitas jalanya Pilkada Poso nantinya.

Selain dihadiri pihak KPU Poso, workhsop turut dihadiri Bawaslu Poso, Kesbangpol Poso, Kepolisian, TNI, LSM, wartawan, lurah, organisasi perempuan hingga pemilih pemula.(RYND)

Silakan komentar Anda Disini....