Persaudaraan Antar Umat Beragama di Morowali Membawa Kedamaian

MOROWALI, Kabar Selebes – Sarana rumah ibadah bagi umat Budha di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, cukup besar dan masih dalam proses pembangunan Wihara.

Terletak di Desa Laantula Jaya, Kecamatan Wita Ponda, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah. Menjadi pusat aktivitas kerohanian bagi umat Budha.

Salah satu pengurus harian Wihara, Nanang Winardi mengatakan, bahwa populasi penganut Budha di Kabupaten Morowali hingga tahun 2020 sekitar 900 lebih jiwa.

“Selama ini Pemerintah Daerah sudah banyak membantu kegiatan umat Budha di Morowali, kami merasakan keamanan dan perlindungan dalam menjalankan aktivitas keagamaan,” ujarnya, Selasa (14/1/2020).

Selain itu, katanya, Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali juga sudah memberikan kontribusi dalam pengadaan fasilitas keagamaan bagi umat Budha.

Masuknya agama Budha di Kabupaten Morowali, salah satunya melalui program transmigrasi di masa kepemimpinan mantan Presiden RI, Soeharto.

Menurut Nanang Winardi, meski menjadi agama dengan populasi penganut cukup sedikit di Kabupaten Morowali, namun persaudaraan antar pemeluk agama sangat nyaman dan membawa kedamaian.

“Kami selalu berharap agar Pemerintah Daerah tetap memberikan perlindungan beribadah secara berkesinambungan. Kedamaian dalam keberagaman ini tetap terjaga, karena kita semua bersaudara, menjaga kerukunan demi NKRI,” harapnya.

Nanang Winardi adalah salah seorang Pandita Budha dan Ketua Magabudhi yang menjadi naungan bagi umat Budha di Kabupaten Morowali.

Dia juga seorang ASN yang bertugas sebagai Penyuluh Agama Budha pada kantor Kementerian Agama Kabupaten Morowali. (Ahyar)

Silakan komentar Anda Disini....