Sempat Tertunda Pembangunannya Akibat Gempa, Pasar Bulubete Akhirnya Diresmikan

SIGI, Kabar Selebes – Bupati Sigi diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan Andi Ilham meresmikan gedung baru pasar rakyat di Desa Bulubete Kecamatan Dolo Selatan Kabupaten Sigi Minggu (19/1/2020).

Bupati Sigi dalam sambutannya yang di wakili oleh Andi Ilham mengungkapkan bahwa pembangunan pasar ini dilakukan bertujuan menunjang dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Oleh sebab itu pembangunan pasar ini diharapkan menciptakan kondisi pasar yang nyaman sebagai tempat berinteraksi antara penjual dan pembeli.

“Saya harapkan nahtinya para pedagang bisa menjaga kebersihan pasar agar tercipta suasana yang nyaman sehingga semakin menarik minat pembeli. Pembangunan pasar ini mewakili semangat baru sehingga aktifitas kehidupan pasar terus ramai,” tuturnya.

BACA JUGA :  Legislator Soroti Jaminan Hidup dan Keselamatan Kerja di PT IMIP

Selanjutnya pasar ini nantinya mempunyai kualitas dan keunikan yang tidak kalah dengan pasar modern lainnya, pasar yang bersih dan nyaman.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sigi Adri DM Singi menjelaskan bahwa, secara ekonomi, keberadaan pasar rakyat di Kabupaten Sigi berfungsi sebagai sarana vital bagi masyarakat untuk menjual hasil pertanian, dan sebagainya dapat meningkat pendapatan ekonomi masyarakat untuk mencapai kesejahteraan.

Pasar rakyat Bulubete merupakan salah satu pasar dari 18 yang dikelola oleh pemerintah daerah melalui organisasi perangkat daerah teknis, yakni Dinas Perindustrian dan Perdagangan kabupaten sigi. Dalam rangka mengembangkan sarana pasar yang lebih baik.

BACA JUGA :  Cat Lover Sulawesi Tengah Bagikan Sahur Gratis ke Pengungsi Balaroa

Sehingga pada bulan juli 2018 silam telah dilakukan kontrak pembangunan pasar Bulubete yang dibangun melalui dana DAK bidang sarana perdagangan tahun 2018. Namun dengan perjalanan kontrak harus dihentikan secara permanen akibat gempa bumi pada 28 september yang lalu.

Sehingga pada tahun 2019 pihaknya dari OPD teknis mengusulkan kembali pembangunan kembali pasar rakyat Bulubete dengan sumber anggaran SILPA DAK 2018, yang hasil pekerjaanya berupa terbangun 1 unit los Ikan dan 1 unit los sayur.

BACA JUGA :  Rata-rata ADD di Sulteng Rp 1 Miliar

Kepala Desa Bulubete Umar mengucapkan banyak terima kasih pada pihak Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sigi khusunya Bupati yang sudah menyahuti usulan masyarakat untuk pembangunan pasar yang saat ini sudah difugsikan.

“Karna pasar Rakyat ini adalah bagian pasar terbesar di dolo selatan, sehingga dapat meningkatkan perputaran ekonomi untuk wilayah didolo selatan, karena pasar ini ada 12 desa penyanga perputaran ekonomi pasar rakyat di desa Bulubete, ucapan terima kasih juga pada pihak aparat desa dan masyarakat yang telah ikut serta mengawal pembangunan pasar di Bulubete,”tutupnya.(Arfiah)

Silakan komentar Anda Disini....