KM Risfin Pratama Sakti Dilaporkan Tenggelam di Perairan Banggai

BANGGAI LAUT, Kabar Selebes – Sebuah kapal bermuatan kopra dengan 14 orang awak dilaporkan tenggelam Selasa (21/1/2020). Kapal bernama KM Risfin Pratama Sakti dilaporkan tenggelam di wilayah perairan Banggai Laut saat berlayar dari Pelabuhan Lede, Kabupaten Taliabu, Maluku Utara menuju Pelabuhan Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

Kepala Basarnas Palu Basrano mengatakan, pihaknya sudah menerima informasi itu dan langsung menurunkan tim SAR Luwuk ke lokasi tenggelamnya KM Risfin Pratama Sakti. Namun, pihak Basarnas Palu belum menerima informasi lengkap perihal kecelakaan itu.

“Kami belum mendapat data lengkap, namun kami sudah mengirim tim kesana,” kata Basrano di Palu Selasa siang.

BACA JUGA :  Dikjar Sulteng Siapkan Layanan Digital Pusdapendik

Menurut Basrano, tim rescue yang terdiri dari personel Basarnas dan TNI-Polri dengan menggunakan kapal SAR KN Bhisma sudah berangkat menuju lokasi tenggelamnya kapal yang diduga berada di sekitar 30 mil dari Pulau Sagu, siang ini.

Menurut Basrano, Basarnas menerima informasi kapal itu bermuatan 14 orang yang terdiri dari 8 orang kru kapal serta 6 penumpang.

Sementara itu, Kepala BPBD Taliabu, Sutomo Kalak mengatakan KM Risfin Pratama Sakti merupakan kapal barang yang memuat hasil bumi dari wilayah Maluku Utara. Kapal dengan kapasitas 35 gross tonnage itu diperkirakan tenggelam di perairan antara Pulau Sagu, mendekati wilayah Matanga, arah utara Pulau Bokan, Kabupaten Banggai Laut.

BACA JUGA :  Walikota Palu Temui Wantimpres Agum Gumerlar Soal Lahan HGB

Dari 14 penumpang, BPBD Taliabu baru mengantongi satu nama yakni Iksan Mayau yang merupakan anak buah kapal (ABK) KM Risfin Pratama.

“Untuk sementara kami sudah berkoordinasi dengan Basarnas Palu dan Pos SAR Luwuk. Mereka sudah bergerak ke lokasi bersama BPBD Banggai Laut,” kata Sutomo Kalak via telepon seperti dikutip dari Sangalu.com.

Informasi yang dikumpulkan menyebutkan, tenggelamnya KM Risfin Pratama Sakti itu diduga akibat cuaca buruk yang melanda perairan Banggai Kepulauan.

Informasi yang dikumpulkan menyebutkan, tenggelamnya KM Risfin Pratama Putra itu diduga akibat cuaca buruk yang melanda perairan Banggai Kepulauan.

BACA JUGA :  WASI Siap Pecahkan Rekor Dunia Selam, Kapolri: Selamat Berjuang

Danramil Banggai Laut, Kapten Inf Selumiel mengatakan, kapal tersebut dari pelabuhan  Lede Taliabo tujuan Luwuk mengalami Gangguan Mesin akibat ombak yang besar di daerah sekitar 30 mil dari Pulau Sagu di Wilayah Bangkurung.

Saat ini Tim Gabungan Melaksanakan Bantuan Menuju ke Lokasi Kejadian (TKP ) dengan menggunakan KM. MUTIARA, mengingat daya angkut kapal yang digunakan hanya bermuatan sekira 25 orang jadi setelah melaksanakan koordinasi antar instansi maka jumlah personel yang berangkat dibatasi.(abdee/Emay/tim)

Silakan komentar Anda Disini....