Antisipasi Virus Corona, Seluruh Penumpang di Bandara Mutiara SIS Aljufri Jalani Pemeriksaan Kesehatan

Petugas yang memeriksa kesehatan penumpang di Bandara Mutiara SIS Aljufri Palu.(Foto: Ifal)

PALU, Kabar Selebes – Guna mengantisipasi penyebaran virus Corona Petugas Kesehatan Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu memeriksa puluhan penumpang yang turun dari pesawat  pada Senin( 27/1/2020) pagi.

Menurut Koordinator Wilayah Kerja Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Palu dr Lisda Ulyakhairlika, mengatakan bahwa pemeriksaan terhadap penumpang pesawat yang masuk ke Bandara Mutiara SIS Aljufri adalah bentuk kesiapsiagaan terhadap virus

BACA JUGA :  Menuju Satu Neraca RI, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sulteng Temui Walikota Palu

novel Coronavirus (2019-nCoV).

“Kami melakukan pemeriksaan visual bagi setiap penumpang yang datang ke Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu,” kata dr Lisda Ulyakhairlika.

Pemeriksaan kepada setiap penumpang menggunakan alat termometer infrared dan termalscener di pintu kedatangan penumpang yang turun dari pesawat.

“Supaya tidak ada yang terlewat pemeriksaannya memeriksa setiap penumpang yang datang lewat pintu kedatangan, kami tembak dulu dengan infraret, setelah itu kami melakukan pengecekan ulang dengan termalscener,”ungkapnya.

BACA JUGA :  Aristan Dapat Dukungan Warga Tawaeli Maju Pilkada Palu 2020

Dia juga menambahkan bahwa sesuai dengan SOP bila ada penumpang dari daerah yang terjangkit atau penumpang mengalami  batuk pilek serta penumpang tersebut dengan gejala demam perlu pemeriksa lebih lanjut.

“Jadi kami periksa dulu apakah dari daerah terjangkit atau tidak, gejala yang ada dipastikan kembali,” jelasnya.

Ia juga menegaskan seandainya bila ada penumpang yang terindikasi, maka pihaknya akan hubungi rumah sakit rujukan, yakni  Rumah Sakit Undata Palu, yang telah menyediakan ruang khusus bagi pasien virus yang terjangkit virus Corona tersebut.

BACA JUGA :  56 Penumpang Kapal Teodora 02 Berhasil Dievakuasi

“Sejauh ini belum ada satupun penumpang selama pemeriksaan di bandara Mutiara  Aljufri Palu dari sejak Minggu (25/1/2020) yang mulai dilakukan pemeriksaan, dan kami akan di sini sampai masalah teratasi,” tandasnya.(ifal)

Silakan komentar Anda Disini....