Tingkatkan Kualitas Lifehood Pascabencana, CII dan Pemkab Sigi Gelar Desiminasi Publik

SIGI, Kabar Selebes – Dalam rangka meningkatkan kualitas para petani di kabupaten Sigi pascabencana, pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Koperasi dan UMKM Sigi bersama dinas terkait lainnya mengikuti desiminasi publik dan pengumpulan data terpilah dan rantai nilai pelaku ekonomi serta sistem pasar, yang dilaksanakan oleh Care Internasional Indonesia (CII) bertempat di ruang rapat hotel Rama Palu Senin (27/1/2020).

Selain dihadiri perwakilan dinas, juga dihadiri beberapa kepala desa di kabupaten Sigi yang terpilih. Kehadiran para kades ini untuk melakukan penerapan atau bimbingan dalam pengelolaan hasil pertanian untuk dapat meningkatkan kualitas lifehood bagi masyarakat desa

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sigi Samuel Y pongi mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan ini, meski kata dia pemaparan mengenai komuditi yang dilakukan di beberapa desa tersebut belum mencakup semua aspek.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, namun bagi saya masih ada yang kurang, mereka memang melakukan in-depth interview, secara kualitatif kelihatan hasilnya tetapi ada sisi kuantitatif yang harusnya disampaikan, misalnya berapa hasil kemuditi yang ada di setiap desa dan berapa produktivitas di tiap hektare nya agar dapat di ketahui bahwa di desa ini memiliki komuditi andalan untuk mudah di pasarkan,” tuturnya.

Ia menambahkan hasil penelitian yang dilakukan tersebut tidak hanya berpedoman pada hasil komoditi yang diperoleh dari desa tetapi bagaimana mendapatkan produk turunan dari setiap komuditi yang ada, agar mendapat nilai tambah bagi desa itu sendiri.

Sementara itu Hilda Rumambi selaku progam manager Care Internasional Kota Palu mengungkapkan bahwa pihaknya melakukan kegiatan ini sebagai peningkatan lifehood ekonomi masyarakat pasca bencana khususnya bagi para petani di beberapa desa yang ada di kabupaten Sigi dan Donggala.

” Ini adalah salah satu projek kita yaitu recovery lifehood pasca bencana untuk peningkatan ekonomi masyarakat, ini kita fokuskan kepada usaha kecil dan menengah dengan membagun skill mereka seperti pelatihan kembali untuk peningkatan kapasitas dan kualitas mereka,” kata Hilda.

Selanjutnya pihak care internasional Indonesia (CII) Akan segera mengimplementasikan proyek yang telah dibuat di beberapa desa yang ada di kabupaten Sigi dan Donggala.(Arfiah)

Silakan komentar Anda Disini....