Pemkab Sigi Apresiasi Program Kesehatan Mental Pascabencana yang Digagas SejenakHening.com

SIGI, Kabar Selebes – Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi, Muh. Basir menghadiri launching program “Membangun Ketahanan Mental Masyarakat Pasca Bencana di Kabupaten Sigi” yang dilaksanakan oleh salah satu komunitas di kota Palu yaitu Sejenak Hening yang didukung oleh Caritas Germany yang dilaksanakan di ruang rapat Bupati Sigi Kecamatan Dolo Selasa, (28/01/20).

Muhamad Basir sangat mengapresiasi dan sangat mendukung program tersebut, mengingat pentingnya pemeliharaan kesehatan mental bagi masyarakat pasca bencana yang tentunya berdampak bagi keberlangsungan hidup mereka.

“Tentunya ini sangat baik bagi perkembangan desa, karena melalui program ini masyarakat bisa siap mental dalam menghadapi bencana maupun pasca bencana,” kata Basir.

Program ini dilaksanakan mulai dari bulan Januari-Oktober 2020 mendatang, dengan menempatkan 2 orang psikolog di dua puskesmas, yaitu puskesmas Dolo dan Biromaru, selanjutnya setelah program ini selesai akan diserahkan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi.

I putu Ardika Yana selaku founder sejanakhening.com yang juga merupakan penggagas program ini mengatakan selama ini pihak pemerintah hanya berfokus memberikan bantuan pasca bencana kepada masyarakat hanya berupa fisik saja, tanpa menyadari bahwa kesehatan mental juga sangat penting untuk mendapat perhatian.

“Berdasarkan pengalaman saya di beberapa daerah yang pernah mengalami bencana memang gangguan fisik menjadi fokus utama penanganannya bagi pemerintah, padahal sebenarnya kesehatan mental itu penting, walaupun di awal memang para korban ini terlihat baik-baik saja, nanti sudah 1 tahun pasca bencana baru terlihat bagaimana mental mereka yang sebenarnya,” tuturnya.

Kegiatan ini juga melibatkan beberapa instansi terkait seperti dinas sosial, serta beberapa kepala desa dan komunitas yang ada di kabupaten Sigi.

Diharapkan program ini mendapat sambutan baik bagi masyarakat untuk bisa memulihkan kembali kondisi mental mereka agar dapat menjalani kehidupan dengan lebih baik.(Arfiah)

Silakan komentar Anda Disini....