Gelar Konsultasi Publik, RKPD Sigi Diharap Tingkatkan Kualitas Perekonomian

SIGI, Kabar Selebes – Sekertaris Daerah Kabupaten Sigi Muhamad Basir menghadiri  Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), di aula kantor bupati sigi Kamis (30/1/2020). Kegiatan ini merupakan salah satu tahapan dalam proses perencanaan yang melibatkan seluruh perangkat daerah dan stakholder terkait. 

Dalam sambutannya Bupati Sigi yang dibacakan oleh Sekertaris Daerah Kabupaten Sigi Muhamad Basir mengatakan bahwa maksud diselenggarakan rapat ini adalah penyampaian program pembangunan beserta tema pembangunan 2021, sebagai salah satu panduan dalam menyamakan persepsi dan pemahaman tentang pedoman pembangunan tahun 2021.

“Secara umum tujuan rapat ini adalah penyepakatan program/kegiatan prioritas hasil analisis permasalahan dan isu strategi yang kemudian akan dituangkan kedalam penandatanganan berita acara kesepakatan forum konsultasi publik sebagai bahan perbaikan dan penyempurnaan rancangan awak RKPD Kabupaten Sigi tahun 2021,” tuturnya.

Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kabupaten Sigi tahun 2021 bertemakan,  “Pertumbuhan berkualitas melalui peningkatan SDM dan infrastruktur”

Tema ini mengandung makna yang sangat penting dalam upaya pecepatan pembangunan guna mewujudkan Kabupaten Sigi yang maju mandiri berbasis ekonomi kerakyatan, dengan indikator pencapaian yaitu, peningkatan indeks pembangunan manusia dan penurunan angka kemiskinan.

Dalam penyusunan perencanaan pembangunan Kabupaten Sigi tahun 2021 kata Basir, harus memperhatikan sembilan prioritas pembangunan daerah. Pertama  peningkatan kualitas pendidikan, kedua peningkatan derajat kesehatan masyarakat, Ketiga peningkatan ketersediaan infrastruktur dan energi.

“Keempat penanggulangan kemiskinan, kelima revitalisasi pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan, keenam peningkatan iklim investasi dan iklim usaha. Ketujuh reformasi birokrasi dan tata kelola sampai pada pemerintahan desa. Delapan meningkatkan harmonisasi sosial berdasarkan budaya dan kearifan lokal.  Dan Sembilan lingkungan hidup dan pengelolaan bencana,” kata Basir.

Ketua DPRD Kabupaten Sigi Moh Rizal Intjenae dalam sambutannya mengatakan sebagai mitra kerja Pemkab Sigi, pihaknya sangat mengharapkan agar kegiatan ini merupakan suatu kesempatan untuk saling berkomunikasi antar satu dengan yang lainnya.

“Semoga kita bisa bersama-sama melakukan perencanaan yang betul-betul menyentuh problem dan kebutuhan masyarakat, serta berdampak pada kebaikan dan kesejahteraan seluruh masyarakat Kabupaten Sigi,” tutupnya.(Arfiah)

Silakan komentar Anda Disini....