Siap-siap, 208 KK Korban Bencana Palu akan Segera Terima Dana Stimulan Tahap II

  • Bagikan
Kondisi salah satu rumah yang masih berdiri di Kelurahan Balaroa, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (25/10/2018). Ribuan Rumah di Balaroa hancur akibat gempa bermagnitudo 7,7 SR itu. (KAbarSelebes.is/Faiz Sengka)

PALU, Kabar Selebes – Kabar gembira. Dana stimulan tahap II rumah terdampak bencana di Kota Palu akan segera dicairkan kepada 208 kepala keluarga (KK) penerima bantuan tersebut.

Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi dan Rekontruksi BPBD Kota Palu, Mohamad Issa, Kamis (29/1/2020) mengatakan, dari 2018 KK itu, 35 KK sudah ditetapkan sebelumnya sebagai penerima dan pihaknya akan menetapkan lagi 173 KK sebagai penerima dana stimulant tahap II.

“Dari hasil asesmen tim pendamping percepatan pembangunan pemukiman (TP4) pekan lalu, 35 kk telah ditetapkan sebagai penerima dana Stimulan tahap II. Saat ini terdapat 173 kk lagi yang ditetapkan,”  kata Mohammad Issa.

Mohamad Issa

175 KK yang ditetapkan tersebut menurut Issa, berada di beberapa kelurahan. Diantaranya Kelurahan Lasoani, Talise, Tanamodindi, Talise Valangguni, Kawatuna, Pantoloan dan Petobo.

Mekanisme pencairan dana Stimulan tahap II sebutnya, tidak melalui kelompok masyarakat (Pokmas)  namun langsung ke rekening masyarakat melalui Bank BPD Sulteng.

“Untuk warga yang telah memperbaiki rumahnya, tetap mendapatkan dana stimulan. Dengan persyaratan bukti nota dan RAB pembelian bahan bangunan dari toko tempat mereka membeli barang tersebut,” akunya.

Lebih Saat ini kata Issa, pihaknya telah merekrut sebanyak 352 tim TP4 . Tim ini bertugas melakukan pengawasan dan asesment kategori rumah rusak berat, sedang, dan ringan.

Sesuai data SK dari pemerintah kota Palu, jumlah rumah terdampak bencana yang mendapatkan dana Stimulan tahap II kata Issa, sebanyak 38.805 rumah dengan total anggaran sebesar Rp.789.040 Milyar.(arjan)

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan