Bupati Sigi Sebut Beberapa Kawasan Zona Merah Masih Aman Dihuni Masyarakat

Muhammad Irwan

SIGI, Kabar Selebes – Bupati Sigi Muhammad Irwan menyatakan beberapa kawasan yang disebut sebagai zona merah di Kabupaten Sigi ternyata masih dalam kawasan yang aman untuk dihuni masyarakat.

“Beberapa kawasan seperti di daerah Sibalaya Utara misalnya yang sempat dinyatakan sebagai zona merah kata Irwan, ternyata masih dalam kondisi aman untuk dibangun beberapa bangunan,” kata Muhammad Irwan saat menghadiri pengukuhan Pengurus Forum Pengurangan Resiko Bencana (PRB) di aula kantor Bupati Jumat (31/1/2020).

BACA JUGA :  Foto Udara Gempa Palu Jadi Foto Terbaik 2018

Menurut Irwan, kawasan yang sempat dinyatakan zona merah oleh BMKG namun masih dalam kawasan aman, akan mendaoat bantuan pembangunan kembali dari salah satu NGO yaitu JICA serta dinas pekerjaan umum, kecuali bekas likuifaksi. Maka dari itu kata dia akan dilakukan penyamaan persepsi lebih dulu sebelum melakukan pembangunan.

“Masih ada beberapa data yang diberikan dari dinas pekerjaan umum dan salah satu NGO yaitu JICA yang mengatakan bahwa kawasan itu masih bisa dibangun kecuali yang bekas likuifaksi, kalau hanya gempa kemarin masih bisa, tentunya dengan memperhatikan materialnya yang harus lebih memadai,” kata Irwan.

BACA JUGA :  Palu Grand Mall Gelar Buka Puasa Bersama Anak Yatim Piatu

Ia juga menambahkan bahwa apabila ada beberapa bangunan yang lahannya telah memasuki zona merah, pihaknya akan berusaha mencari lahan yang layak untuk dibangun, dengan melihat kawasan masyarakat yang masih dikategorikan sebagai zona aman untuk kemudian dibayarkan kepada masyarakat agar proses pembangunan berjalan lancer.(Arfiah)

Silakan komentar Anda Disini....