Ustadz Mukhtar Imbau Masyarakat Palu Wujudkan Pilkada Lancar dengan Memperkuat Silaturahmi

PALU, Kabar Selebes – Salah satu tokoh agama di Kota Palu, yang saat ini masih rutin menjalankan misi dakwahnya, Mukhtar Ibnu Abbas mengimbau kepada seluruh masyarakat Sulawesi Tengah, khususnya di Kota Palu, untuk tetap menjaga rasa persaudaraan menghadapi isu perpecahan yang saat ini ramai terdengar.

Ibnu Abbas yang kerab disapa Ustad Mukhtar menganjurkan kepada semua elemen masyarakat untuk menyadari tentang pentingnya silaturrahmi dan ukhuwah Islamiyah, agar diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, demi terciptanya persatuan dan kesatuan antar sesama.

Menurut imam Masjid Al Munawarah itu, silaturrahim sangat perlu ditingkatkan disemua level tatanan kehidupan bermasyarakat, baik antara pemeluk agama yang berbeda, maupun antar sesama agama, guna menjaga toleransi.

Bahkan menurutnya, yang terpenting adalah antar aparatur negara seperti POLRI dengan khalayak atau masyarakat, serta pemerintah daerah setempat. Hal itu dinilai menguntungkan serta akan menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang lebih baik.

Dalam suatu pertemuan yang dilakukannya dengan beberapa pemuda di Palu, Ustad Mukhtar menyebutkan, ada beberapa manfaat yang akan didapatkan ketika kita menggalakan pertemuan-pertemuan, serta terlibat aktif dalam kegiatan-kegiatan silaturahim.

Yakni diantaranya dapat meneguhkan ukhuwah atau rasa persaudaraan, merawat toleransi antar sesama, dapat menjalin kerja sama dan ta’awun (tolong menolong dalam kebaikan), saling menasehati dan mengingatkan, tidak saling curiga, dapat saling memberi masukan, serta bisa melakukan dialog-dialog positif serta terbinanya kehidupan yang lebih harmonis, rukun dan saling menghargai.

“Hal ini penting guna menghadapi beberapa hajatan nasional, seperti misalnya saat pelaksanaan Pilpres kemaren, semua berjalan dengan penuh kedamaian, meski ada catatan-catatan keributan tapi kan dapat diatasi. Nah, tahun ini kita akan menghadapi Pilkada, tentunya yang dibutuhkan adalah persatuan,” ujar Ustad Mukhtar.

Ia berpesan agar kita semua mengutamakan kesejukan wilayah, agar Pilkada nantinya jangan sampai menjadikan kita terpecah belah dan saling bermusuhan. Meski harus disadari akan ada perbedaan pilihan, namun harusnya kita utamakan adalah Kamtibmas. Baginya, menjaga keamanan agar Pilkada dapat berjalan lancar, adalah dengan memperkuat silaturahmi. (ifal)

Silakan komentar Anda Disini....