Arkom Bangun Risha 12 Unit di Mamboro Barat Bagi Korban Bencana

Walikota Palu Hidayat melakukan peletakan batu pertama pembangunan rumah hunian tetap bagi korban bencana di Mamboro Barat, Palu Utara, Rabu (5/2/2020). (Foto Imron/humas)

PALU, Kabar Selebes – Walikota Palu Drs Hidayat, M.Si didampingi Kepala Dinas PU Kota Palu, Iskandar Arsyad menghadiri peletakan batu pertama pembangunan kawasan pemukiman kelurahan Mamboro Barat, Rabu, 05 Februari 2020. Pembangunan rumah tersebut diprakarsai Yayasan Arsitek Komunitas (Arkom) Indonesia dan Arkom Palu dan diperuntukkan bagi korban gempa bumi dan tsunami, 28 September 2018 silam.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut mewakili Gubernur Sulawesi Tengah yakni Sekretaris Daerah provinsi Sulawesi Tengah, Dr. Hidayat Lamakarate, M.Si serta perwakilan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota Palu.

Koordinator Yayasan Arsitek Komunitas Indonesia – Arkom Palu, Yuli Kusworo menyampaikan bahwa sejak September 2019 pihaknya membangun lima unit rumah panggung RISHA percontohan yang hari ini tahap pertama akan dibangun 12 unit rumah dengan teknologi RISHA.

BACA JUGA :  Hujan 4 Jam, Sejumlah Daerah di Palu Digenangi Air

“Arkom Palu menggunakan skema Relokasi Mandiri untuk memenuhi hak warga pesisir atas lahan pemukiman yang terjangkau. Model ini merupakan alternatif dari skema rekonstruksi Ex Situ, dimana warga secara berkelompok menentukan dan menyediakan sendiri lahan pemukiman di luar zona merah sekitar 400 meter dari pesisir,” jelasnya.

Dalam hal ini, katanya Arkom sedang menyiapkan skema relokasi mandiri kelompok tahap kedua 24 KK warga Mamboro Barat di lokasi yang sama, lahan tersebut akan menjadi kawasan pemukiman baru yang memerlukan pembangunan infrastruktur, terutama jalan, drainase, air bersih, dan penerangan dari Pemerintah kota dan dinas terkait.

BACA JUGA :  Anggota Polres Sigi Meninggal Kecelakaan Paralayang Usai Buat Vlog HUT Bhayangkara ke 73

Sementara itu, Wali kota menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas nama Pemerintah dan masyarakat kota Palu kepada pihak Arkom Palu yang telah membantu pemukiman relokasi mandiri – ex situ kompleks kelurahan Mamboro Barat.

Menurut Wali kota, kualitas konstruksi bahan bangunan yang notabene merupakan produk masyarakat kota Palu dari kelurahan Layana Indah yang akan digunakan Arkom Palu, kualitasnya sangat bagus.

“Kita rekomendasikan Kementerian PUPR RI menggunakan hasil karya masyarakat tersebut, supaya ada pendapatan masyarakat. Sekitar 230 rumah akan dibangun PUPR di Duyu, saya minta masyarakat manfaatkan itu,” ujar Wali kota.

BACA JUGA :  Palu Seafood Festival Jadi Agenda Tahunan

Wali kota menjelaskan bahwa Pemerintah kota Palu telah membangun kesepakatan dengan Kementerian PUPR RI yakni siapa masyarakat yang memiliki lahan, akan dibangunkan rumah oleh Kementerian PUPR RI dengan syarat harus memiliki akses jalan, listrik, dan air.

Selain itu, Wali kota juga meminta Kadis PU kota Palu agar tahun ini juga mengaspal jalan di sekitaran kawasan pemukiman kelurahan Mamboro Palu Utara. (*/patar)

Silakan komentar Anda Disini....