Polisi akan Tindak Truk yang Gunakan Knalpot Bising

Ilustrasi

PALU, Kabar Selebes – Aparat Satuan Lalulintas Polres Palu akan menindaklanjuti keluhan masyarakat Kota Palu tentang  mobil truk yang mengangkut material yang menggunakan knalpot bising alias bogar yang mengganggu kenyamanan warga.

Kasatlantas Polres Palu Iptu Abdhi Hendriyatna mengatakan, kendaraan yang mengangkut material dan menggunakan knalpot bogar tersebut tentunya sangat melanggar. Kendaraan tersebut dikenakan pasal 285 UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Kendaraan tersebut akan didenda tilang maksimal sebesar Rp. 250.000.

“Kendaraan truk yang menggunakan knalpot bogar sangat tidak diperkenankan, karena selain mengganggu kebisingan suara hal tersebut bisa mengakibatkan polusi udara yang berlebihan,”ungkap Abdhi saat dikonfirmasi pada Minggu( 9/2/2020).

Dia juga menambahkan dari dealer atau karoseri kendaraan tersebut sudah ditentukan untuk knalpotnya yang sesuai dengan spektek atau standarisasi kendaraan tersebut.

“Karena knalpot tersebut sebelum dipakai atau dioperasikan di jalan raya sudah diuji yang sesuai dengan indikator gas emisi buang dari kendaraan tersebut,”ujarnya.

Abdhi mengimbau kepada masyarakat yang memiliki truk yang diperuntukan memuat material haruslah sesuai standar knalpotnya maupun spektek, sehingga tidak mengganggu pengendara lain yang berada di jalan raya.(ifal)

Silakan komentar Anda Disini....