Bupati Banggai dan Dandim 1308 LB Lepas Peserta Napak Tilas di Pagimana

LUWUK, Kabar Selebes – Bupati Banggai H Herwin Yatim bersama Dandim 1308 Luwuk Banggai Letkol Inf Fanny Pantouw menghadiri pelepasan napak tilas Patriotik Gelora Pagimana ke-3 tahun 2020 di lapangan Makodim 1308/LB Rabu (12/2/2020). Kegiatan itu dihadiri oleh Wakil Bupati Banggai Mustar Labolo, Danposal Luwuk Letda Laut (p) Yusuf, para camat, lurah se Kabupayen Banggai.

Dandim 1308/LB Letkol Inf Fanny Pantouw mengatakan kegiatan Napak Tilas Patriotik ini bertujuan untuk mengenang kembali Perjuangan para Pemuda Pagimana, sebuah kota kecamatan dari Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Napak Tilas ini diikuti sebanyak 350 orang.

Lanjutnya, kegiatan ini akan selalu diperingati oleh masyarakat Pagimana, dimana hal ini sebagai suatu peristiwa patriotik yang akan terus diingat dan dikenang di Pagimana. Sebabnya pada tanggal 12 Februari 1942, sekelompok pemuda asal Pagimana bergerak ke kota Luwuk untuk merebut kembali  kekuasaan dari tangan pemerintah Hindia Belanda yang terdiri dari pribumi yang setia kepada Belanda maupun bangsa Belanda sendiri.

Dalam rangka Festival Gelora Pagimana yang akan dibuka Bupati Banggai pada sore hari ini, selain kegiatan Napak Tilas, juga dilaksanakan berbagai macam kegiatan lomba olahraga, kesenian, kuliner dan berbagai macam lomba lainnya.          

Diharapkan kepada peserta dapat mengambil hikmat dibalik kegiatan ini, dan diikuti semua aturan yang sudah ditetapkan oleh panitia atau penyelenggara. (Emay)

Silakan komentar Anda Disini....