Urusan Kemanusiaan Harus Diutamakan Dalam Rehab dan Rekonstruksi Pascabencana

oleh -

PALU, Kabar Selebes- Proses rehab dan rekonstruksi pasca bencana di Kota Palu, Donggala, Sigi dan Donggala (Padagimo) harus mengutamakan urusan kemanusiaan. Hal itu ditegaskan ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Nilam Sari Lawari, usai mengikuti rapat bersama panitia khusus (Pansus), Jumat (14/2/2020).

“Saya tegaskan bahwa, dalam konteks rehab rekon, urusan kemanusiaan harus menjadi nomor wahid dari pada segala urusan,” katanya.

Selain itu, dalam proses pemulihan korban pasca bencana. Hal utama yang harus dilakukan adalah memastikan semua warga memperoleh haknya agar dapat kembali hidup normal. Kemudian pemerintah dapat menjalankan program lainnya.

“Tentu saja, kita ingin mengetahui apa saja upaya yang telah dilakukan dan relevansinya dengan keadaan para pengungsi hari ini,” tambahnya.

Yang tidak kalah penting menurut Nilam adalah jangan sampai ada satu korban yang terabaikan dari triliun uang yang digelontorkan.

“Kita harus memberi rasa keadilan dan pemenuhan hak sejak dari niat dan rencana,” tegasnya.

Dalam rapat tersebut, dihadiri oleh seluruh dinas terkait untuk menyampaikan laporan perkembangan rehabilitasi dan rekonstruksi.(Sobirin)

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 49 times, 1 visits today)