Malaysia Bantu Bangun Sekolah yang Rusak Pascagempa di Sigi

oleh -
Ketua Yayasan BUMN Hadir Untuk Negeri Harjawan Balaningrath (kiri) dan Menteri Penasihat (Pendidikan)Kedutaan Besar Malaysia Mior Harris Bin Mior Harun (kanan) meninjau sekolah yang akan dibangun.

SIGI, Kabar Selebes – Negara Tetangga Malaysia memberikan bantuan bagi korban bencana gempa bumi pada 28 September 2018 silam dalam bentuk pembangunan sekolah di Desa Balongga, Kecamatan Dolo Selatan Kabupaten Sigi.

Sekolah ini dipilih karena puluhan fasilitas sekolah tersebut ikut terdampak dan menjadi rusak selama satu tahun lebih, proses belajar mengajar masih dilakukan di tenda darurat sampai dibangunkan sekolah sementara.

Seperti Sekolah Dasar Negeri Balongga dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Balongga yang tampak rusak parah akibat bencana. Kerusakan terlihat banyak retakan di dinding sampai lantai sekolah.

Kepala Sekolah Dasar Balongga Darlina mengatakan enam ruang kelas tidak bisa digunakan lagi pascabencana. Beruntung dari Pemerintah membantu bangun sekolah darurat di lingkungan sekolahnya. Kondisi itu bertahan selama lebih dari satu tahun pascabencana.

Kepala SMP Negeri 26 Sigi, Ahsan mengatakan bahwa dengan adanya bantuan seperti ini sangat bermanfaat bagi kami, karena ruang kelas yang kami miliki saat ini sudah tidak layak untuk digunakan lagi akibat rusak parah.

Melihat kondisi itu, Kedutaan Besar Malaysia dan Astro Malaysia menyalurkan bantuan melalui Yayasan Badan Usaha Milik Negara(BUMN).Bantuannya berupa pembangunan ulang Sekolah yang terdampak bencana.

Menteri Penasihat Pendidikan atau Kedutaan Besar Malaysia Mior Haris Bin Mior Harun mengatakan pihaknya menjalin kerjasama dengan Indonesia dengan ikut mambantu pendidikan di daerah yang terdampak bencana.

Bantuan dari Malaysia ini berupa pembangunan Sekolah ini disambut baik para tenaga pengajar dan murid untuk memulihkan kondisi pendidikan pascabencana.(ifal)

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 36 times, 1 visits today)