Jemput Bola, Dukcapil Sulteng Cetak E-KTP ke Sekolah-Sekolah di Luwuk

LUWUK, Kabar Selebes – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Sulawesi Tengah melakukan pelayanan jemput bola dengan mencetak ratusan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) pelajar di daerah Sulteng.

Kali ini layanan mencetak E-KTP yang dilakukan Disdukcapil Sulawesi Tengah menyasar SMAN 1, SMAN 2, dan SMAN 3 Luwuk Kabupaten Banggai yang dimulai sejak Selasa hingga Kamis, 18-20 Februari 2020.

“Hari pertama SMAN 1 sebanyak 75 orang, hari kedua SMAN 2 sebanyak 70 orang dan hari ketiga SMAN 3 sebanyak 150 orang,” ungkap Kepala Disdukcapil Provinsi Sulteng, Abd Haris Yotolembah, Kamis (20/2/2020).

Dia mengatakan hari ketiga layanan jemput bola dilaksanakan di salah satu hotel yang dirangkai sosialisasi dokumen kependudukan. Peserta yang merupakan pelajar SMAN 3 Luwuk dikatakan antusias mengikuti sosialisasi.

Usia sosialisasi tersebut dilanjutkan perekaman dan pencetakan E-KTP kepada 150 orang pelajar. Haris memboyong sekitar 10 petugas lengkap dengan peralatan perekaman dan pencetakan E-KTP.

Dia menuturkan layanan jemput bola sebagai upaya menggenjot kepemilikan E-KTP di Sulteng. Hal tersebut sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 dan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013.

Perekaman dan pencetakan E-KTP saat ini diprioritaskan kepada pemula seperti pelajar SMA sederajat. Tujuannya guna menyukseskan Pilkada serentak di Sulteng pada 2020 mendatang. Pada layanan serupa tahun 2019, Disdukcapil Provinsi Sulteng bekerjasama dengan Disdukcapil Kota Palu sukses menyambangi sejumlah SMA.

Haris mengungkapkan dengan layanan jemput bola saat itu telah tercetak ratusan E-KTP pelajar SMA di Kota Palu. Sasaran layanan jemput bola ke tiga sekolah yaitu SMAN 4 Palu (9-10 Oktober), SMAN 7 Palu (14-15 Oktober), dan SMAN 8 Palu (16-17 Oktober).

“Sudah tercetak sekitar 500 keping E-KTP pelajar yang nantinya merupakan pemilih pemula,” ungkap Haris.

Disdukcapil menurunkan timnya ke sekolah-sekolah dengan pelayanan perekamanan dan pencetakan. Tim Disdukcapil Provinsi Sulteng dan Kota Palu turun bersamaan membawa alat perekaman dan pencetakan berupa printer.

Sebelumnya, Disdukcapil Provinsi Sulteng juga telah membuka pelayanan jemput bola khusus Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Sulteng pertengahan Agustus lalu.(ifal)

Silakan komentar Anda Disini....