Kloter Pertama Musrenbang RKPD 2021 di 11 Kecamatan di Banggai

LUWUK, Kabar Selebes – Sebanyak 11 kecamatan dari total 23 kecamatan yang ada di Kabupaten Banggai, telah menyelesaikan pelaksanaan kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kabupaten Banggai tahun 2021.

Dimulai dari Simpang Raya pada hari Minggu (16/2/2020), Bupati Banggai, Ir. H. Herwin Yatim, MM, bersama Wabup Drs. H. Mustar Labolo, membuka secara resmi pelaksanaan Musrenbang RKPD dan Rembuk Stunting untuk 3 kecamatan, masing-masing Kecamatan Simpang Raya, Bunta dan Nuhon.

Selanjutnya, pada hari Senin (17/2/2020), giliran Kecamatan Lobu dan Pagimana yang melaksanakan Musrenbang RKPD dan dipusatkan di Kecamatan Lobu.

Pada hari Selasa (18/2/2020), menyusul 2 kecamatan yang dilaksanakan terpisah, yakni Kecamatan Bualemo dan Balantak Utara. Selanjutnya, Rabu (19/2/2020), Kecamatan Balantak dan Balantak Selatan yang juga digelar terpisah.

Dan pada hari Kamis (20/2/2020), Bupati H. Herwin Yatim, kembali menghadiri pelaksanaan Musrenbang di Kecamatan Mantoh dan Lamala.

Dalam arahan teknis yang disampaikan Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Banggai, Moh. Ramli Tongko, S.Sos, ST, M.Si, pada sistem perencanaan pembangunan tahun ini, pemerintah membuat satu kebijakan, yakni memperkuat peran camat melalui Pagu Indikatif Kewilayahan (PIK).

Anggaran yang digelontorkan untuk setiap kecamatan tentunya beragam dikisaran Rp2 Miliar hingga Rp4 Miliar, dengan memperhatikan jumlah desa, jumlah penduduk, jumlah penduduk miskin, serta beberapa aspek prioritas lainnya sebagai bentuk penguatan kepada camat dalam mengintervensi pembangunan skala prioritas di wilayahnya.

Sementara di setiap kesempatan, baik Bupati H. Herwin Yatim maupun Wabup H. Mustar Labolo, menyampaikan bahwa tema Musrenbang RKPD tahun 2021 yaitu Pembangunan Manusia Berkualitas dan Peningkatan Daya Saing Daerah melalui Optimalisasi Sektor Unggulan, adalah merupakan hasil dari tindak lanjut tahun ke 5 RPJMD. Disampaikan Bupati H. Herwin Yatim, ada 5 Program Prioritas Utama dalam Perencanaan Pembangunan pada tahun 2021 yaitu, pertama, Pembangunan Manusia berkualitas dan berbudaya serta pengentasan kemiskinan, kedua, Pembangunan Infrastruktur wilayah dan Pelayanan dasar untuk mengurangi kesenjangan, ketiga, Peningkatan Daya saing Daerah melalui Optimalisasi sektor unggulan, keempat, Penataan Ruang, peningkatan kualitas lingkungan hidup dan penanggulangan bencana, dan kelima Peningkatan tata kelola pemerintahan, yang inovatif, bersih dan melayani.


Musrenbang RKPD adalah forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum.

Selanjutnya, mulai tanggal 2 Maret 2020 nanti, 12 kecamatan kloter kedua akan memulai pelaksanaan Musrenbang RKPD 2021. Masing-masing kecamatan itu adalah, Kecamatan Toili Barat, Toili, Moilong, Batui, Batui Selatan, Kintom, Nambo, Luwuk Selatan, Luwuk Utara, Luwuk Timur, Masama dan Luwuk.

Sesuai jadwal dari Bappeda Litbang Banggai, pelaksanaan Musrenbang RKPD 2021, akan berakhir pada tanggal 8 Maret 2020 di Kecamatan Luwuk. (Emay)

Silakan komentar Anda Disini....