Lirik Kursi Bupati, Wabup Samsuri Gunakan Jalur Perseorangan

Samsuri (Foto:https://www.posokab.go.id/)

POSO, Kabar Selebes – Berdasarkan jadwal tahapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tengah, merujuk pada PKPU 16 Tahun 2019 tentang tahapan program dan jadwal penyelenggaraan Pilkada tahun 2020, tahapan penyerahan syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan untuk bupati dan walikota, berlangsung sejak Rabu 19 Februari hingga Minggu 23 Februari besok.

Setelah sebelumnya pada Rabu 19 Februari 2020, kandidat yang bakal maju menggunakan jalur perseorangan untuk Pilkada Sigi, Ilyas Nawawi dan Uhut Hutapea mendatangi kantor KPU Kabupaten Sigi untuk menyerahkan dokumen dukungan, hari ini, Wakil Bupati Poso Syamsuri, dan Tony Sowolino, menyerahkan dokumen dukungan ke KPU Kabupaten Poso.

BACA JUGA :  Pasca Penyerangan Wiranto, Kapolda Sulteng Sebut Perketat Pengamanan Pejabat Negara yang Berkunjung

Dengan langkah itu, membuktikan keseriusan Syamsuri untuk maju menjadi bupati dalam pemilihanan kepala daerah serentak tahun 2020, pada 23 September mendatang.

“Hari ini bakal calon perseorangan yang menyerahkan dokumen dukungan adalah Pak Syamsuri dan Pak Tony Sowolino. Setelah kami menerima penyerahan dokumen dukungan dari bakal pasangan calon, maka KPU langsung menindaklanjuti dengan melakukan pemeriksaan dan pengecekan dokumen,” ujar Ketua KPU Poso, Budiman Maliki, Sabtu (22/2).

BACA JUGA :  Sejumlah Jurnalis Bantu Pulangkan Bayi Korban Tsunami Donggala Yang Ditahan RS Anutapura

Menurutnya, pemeriksaan dan pengecekan dokumen yang mereka lakukan, sesuai dengan petunjuk dari Surat Keputusan KPU RI Nomor 82 Tahun 2020, tentang pedoman tekhnis penyerahan dukungan bakal pasangan calon perseorangan dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur serta bupati dan wakil bupati tahun 2020.

Dengan terdaftarnya Syamsuri sebagai peserta Pilkada, artinya ia akan bersaing dengan Petahana, yakni Bupati Poso, Darmin Agustinus Sigilipu, yang merupakan pasangan duetnya saat ini dalam memimpin Kabupaten Poso. Darmin Sigilipu kemungkinan besar akan diusung Partai Golkar bersama beberapa partai koalisi.

BACA JUGA :  Didatangkan dari Bitung, Pelindo IV Siap Operasikan Crane di Pantoloan

Sementara untuk jadwal tahapan penyerahan syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan untuk gubernur, telah di tutup pada Kamis 20 Februari. Hingga batas waktu memasukkan persyaratan dukungan, Pukul 24.00 Wita, tak satupun kandidat gubernur yang menyerahkan dokumen dukungan untuk maju menggunakan jalur perseorangan. (ifal)

Silakan komentar Anda Disini....