Polsek Bungku Tengah Amankan Solar 7.440 Liter, Tiga Pelaku Ditahan

Kapolsek Bungku Tengah saat Press Release terkait BBM dan para pelaku. Foto: Ahyar Lani

MOROWALI, Kabar Selebes – Kepolisian Sektor (Polsek) Bungku Tengah menggelar Press Release terkait penangkapan tiga pelaku inisial BS, TL, dan DG, yang membawa bahan bakar minyak (BBM) jenis solar sebanyak 7.440 liter.

Press Release dipimpin langsung Kapolsek Bungku Tengah, A. Rapar, yang digelar di Kantor Polsek Bungku Tengah, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, pada Rabu (26/2/2020).

Pada kesempatan itu, A. Rapar mengungkapkan, bahwa penangkapan dilakukan pada Selasa, 25 Februari 2020, sekitar pukul 19.00 wita di jalan Trans Sulawesi, Desa Bente, Kecamatan Bungku Tengah, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah.

“Ketiga pelaku kita amankan berdasarkan hasil Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) Polsek Bungku Tengah, dan ditemukan mobil bermuatan cukup berat penuh,” ungkapnya.

Barang bukti yang diamankan, yakni mobil truk warna kuning DN 9257 CE, BBM jenis solar sebanyak 212 jergen masing-masing berisikan 31 liter solar, empat buah drum masing-masing berisikan 217 liter solar.

“Jumlah BBM keseluruhan yang berhasil diamankan sebanyak 7.440 liter,” sebutnya.

Berdasarkan keterangan para pelaku, rencananya BBM akan dibawa ke Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali. BBM didapatkan dari SPBU Mangkutana, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan.

“Pengakuan mereka bahwa ini yang kedua kali, tapi kami akan terus mencari informasi berapa ton yang sudah dibawa ke Bahodopi,” kata A. Rapar.

“Para pelaku akan kami proses sesuai prosedur yang berlaku, mereka akan membawa BBM ke wilayah Bahodopi. Kami masih melakukan penyelidikan, darimana mendapatkan BBM dan siapa-siapa yang ada,” jelasnya.

Para pelaku dikenakan Pasal 55 atau Pasal 53 huruf b, Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi, dengan ancaman 6 tahun penjara dan denda 60 miliar rupiah.

“Hari ini para pelaku akan kita bawa ke Polres untuk penyidikan selanjutnya,” tutupnya.

Pada Press Release tersebut dihadiri Kanit Intel Muh Yusuf, Kanit Reskrim Rasman. S, Kanit Lantas Ahmadi, dan Bhabinkamtimas Asrul. T. (Ahyar)

Silakan komentar Anda Disini....