Kepala RSU Ampana Bantah WNA dari Touna Terinfeksi Corona

PALU, Kabar Selebes – Seharian ini warga Kabupaten Tojo Unauna dihebohkan dengan adanya informasi seorang WNA yang diduga terkena virus covid corona. WNA asal Perancis berinisial C (71) itu dilarikan ke rumah sakit akibat meningkatnya suhu tubuhnya.

Informasi yang diperoleh, WNA itu memiliki suhu tubuh 37 derajat celcius. Karena keluhan itulah, maka informasi beredar pasien itu terindikasi corona. WNA itu dilarikan ke Rumah Sakit Ampana untuk menjalani observasi.

Kepala Rumah Sakit Umum Ampana dr Niko yang dikonfirmasi membantah adanya isu yang menyebut WNA asal Perancis itu terpapar virus corona. Menurut dr Niko, pasien itu dia yang menjemput dari Togean karena dihubungi oleh pemilik cottage.

“Saya yang menjemput WNA itu setelah dihubungi oleh pemilik cottage bahwa ada WNA yang menderita demam dan diare. Saya lalu menjemput dan membawanya ke RSUD Ampana,” jelas Niko jumat (28/2/2020).

Setelah diperiksa di RSU Ampana kata Niko, pasien itu tidak ada gejala virus Corona. Pasien itu hanya diare dan dehidrasi yang menyebabkan demam.

“Setelah kami periksa dia hanya diare demam yang disebabkan oleh dehidrasi. Jadi tidak benar pasien itu terpapar corona,” kata Niko.

Menurut Niko, pasien itu mwmiliki riwayat berpergian dari Thailand 6 januari hingga 3 februari 2020, Malaysia 4 februari sampai dengan 11 februari 2020. Dia masuk Indonesia melalui Jakarta pada tanggal 12 februari ke Makassar. Pernah dirawat di Makassar karena sakit perut. Dia jalan darat mampir di toraja, poso lalu touna.

“Jadi tidak ada riwayat bepergian ke China atau wilayah yang terpapar covid. Hasil lab dan rontgen tidak menunjukkan suspect COVID 19. Tapi kami tetap akan melakukan observasi selama 14 hari di RSUD Luwuk,” tandas Niko.

Dia mengimbau masyarakat untuk tidak panik dan termakan isu adanya corona di Sulawesi Tengah.(abdee)

Silakan komentar Anda Disini....
BACA JUGA :  Geram Krisis Listrik di Banggai Tak Kunjung Berakhir, Bupati dan Ketua DPRD Datangi Kantor PLN