745 Warga Morut Daftar PPS

  • Bagikan
Rapat Pleno penetapan nama-nama pendaftar calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Morowali Utara 2020, di Kantor KPU Morowali Utara, Jumat (28/2).

KOLONODALE – KPU Kabupaten Morowali Utara secara resmi mengumumkan nama pendaftar calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Morowali Utara 2020.

Penetapan melalui rapat Pleno di kantor KPU Morut, Jumat (28/2) siang itu merupakan pleno perbaikan terhadap kesalahan pengimputan data sehari sebelumnya.

Dalam pleno tersebut, Komisioner KPU Morut Divisi Sosialisasi, Penmas, Parmas dan SDM, Jasman Lamole menjelaskan KPU Morut sebelumnya telah menetapkan 745 nama calon PPS untuk Pilkada 2020.

Namun setelah diteliti kembali, ternyata ada kekeliruan operator terkait penempatan nama yang tidak sesuai dengan lokasi pendaftaran. Kesalahan tehnis itu selanjutnya tidak merubah jumlah pendaftar.

“Kekeliruan penginputan data tersebut telah diperbaiki untuk selanjutnya disahkan melalui pleno hari ini,” ujarnya.

Jasman menyebutkan, kekeliruan operator KPU Morut terjadi pada pengimputan data calon PPS Kecamatan Mamosalato. Dimana dua dari tiga orang pendaftar di Desa Lijo secara tak sengaja terinput pada data pendaftar di Desa Momo dan Uepakatu.

“Kami memohon maaf atas kekeliruan ini. Namun demikian, jumlah pendaftar calon PPS untuk wilayah Mamosalato masih sama yakni 37 orang atau tidak berkurang maupun sebaliknya,” jelasnya.

Pleno yang berlangsung singkat itu dipimpin Komisioner KPU Morut Divisi Hukum La Ode, didampingi Divisi Teknis Penyelenggara, Demar Yos Kaope, beserta Komisoner Bawaslu Morut Rudi Hartono.

Usai pleno, Jasman mengatakan ratusan pendaftar tersebut akan mengikuti seleksi tertulis pada 4 Maret 2020. Hasil tahapan iti selanjutnya diumumkan pada 7-9 Maret.

“Nama-nama yang lulus tes terulis kemudian diumumkan untuk mendapatkan tanggapan masyarakat sampai dengan 10 Maret,” urainya.

Tahapan selanjutnya yaitu wawancara calon anggota PPS yang berlangsung tiga hari atau berakhir 13 Maret. Para calon yang masuk peringat enam besar per desa dan kelurahan akan diumumkan 15-17 Maret, sekaligus menyerap tanggapan masyarakat tahap kedua.

“Nanti dilakukan pula klarifikasi apabila di antara calon PPS mendapat tanggapan masyarakat,” tandasnya.

Dari jumlah pendaftar di atas, Jasman memastikan hanya 375 orang yang direkrut. Petugas itu selanjutnya menyebar di 122 desa dan 3 kelurahan. (*)

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan
Read previous post:
Polsek Bahodopi Laksanakan KRYD, Dua Perempuan dan Sabu Diamankan

Kepolisian Sektor (Polsek) Bahodopi mengamankan dua perempuan inisial KL dan WD dalam kasus Narkoba jenis Sabu di Desa Keurea, Kecamatan...

Close