DPRD Usulkan Pemeriksa Terhadap Warga Palu Yang Lakukan Perjalanan Keluar Negeri

PALU, Kabar Selebes – Sebagai upaya pencegahan terhadap penyebaran Covid-19 atau virus Corona, salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota, Irsan Satria, mengusulkan pemeriksaan terhadap warga Palu yang telah melakukan perjalanan keluar negeri, baik jamaah umroh ataupun mereka yang hanya sekedar melancong.

“Upaya proteksi harus dilakukan pemerintah. Terutama bagi warga Palu yang baru datang dari luar negeri, baik mereka umroh ataupun liburan. Hal ini perlu dilakukan,” katanya di kantor DPRD, Rabu (3/03/2020).

BACA JUGA :  Ratusan Warga Palupi Pertanyakan Penyaluran Dana Jadup

Pemeriksaan menurutnya buka sebagai upaya memberi rasa takut kepada mereka yang telah melakukan perjalanan keluar negeri, namun sebagian upaya untuk memastikan dan pencegahan agar masyarakat tidak panik.

Sehingga pemerintah diharap dapat bertindak cepat, berkerjasama dengan berbagai lembaga dan pihak terkait untuk mendata warga Palu yang baru tiba dari luar negeri.

BACA JUGA :  Lagi, Satu Perwira Polda Sulteng Meninggal Usai PAM TPS

“Kota kita ini wilayah urban, sangat banyak orang yang datang. Jadi kami harap Pemerintah segera mendata kembali mereka yang dari luar negeri, kemudian dilakukan pemeriksaan,” imbuh ketua Fraksi Hanura DPRD Palu itu.

Irsan juga menyarankan agar masyarakat untuk menerapkan perilaku hidup sehat, serta tidak panik berlebihan dalam menanggapi penyebaran isu ini. Sebab jika hal itu terjadi, maka tidak menutup kemungkinan akan dimanfaatkan oknum-oknum tertentu.

BACA JUGA :  Yayasan Alkhair Inggris akan Bangun 400 Unit Hunian Tetap di Palu

“Masyarakat juga saya harap tidak panik berlebihan dan Pemerintah harus memastikan kebutuhan masyarakat untuk mencegah penyebaran virus ini, contoh seperti ketersediaan masker handwash. Jangan sampai karena masyarakat panik, maka dimanfaatkan oknum-oknum tertentu mencari keuntungan,” pungkasnya.(Sobirin)

Silakan komentar Anda Disini....