RS dr Sindhu Trisno Palu Sediakan Layanan Pemeriksaan Awal Gejala Covid-19

oleh -
Persiapan posko dan ruang isolasi Covid-19 yang disediakan RS dr Sindhu Trisno Palu, (15/03/2020)

PALU, Kabar Selebes – Rumah sakit tingkat III 13.06.01 dr Sindhu Trisno Palu atau yang sebelumnya dikenal masyarakat Kota Palu sebagai RS Wirabuana, kini menyediakan layanan pemeriksa awal gejala Covid-19 atau virus Corona bagi masyarakat yang merasakan adanya gejala penyakit tersebut.

Layanan pemeriksa sendiri berada di area belakang rumah sakit dengan menggunakan dua tenda DENBEKANG XIII/44/02 Palu, terdiri dari posko dan ruang isolasi dilengkapi dengan sejumlah fasilitas penunjang awal dalam penanganan kasus ini seperti, Alat Perlindungan Diri (APD) dan daya tampung pasien sebanyak 10 orang.

“Kita sudah siap menerima pasien yang terpapar Covid-19 atau virus Corona, ataupun masyarakat yang merasakan adanya gejala penyakit itu.” Kata Dr luh Gede Yustini Ekawati, dokter jaga RS dr Sindhu Trisno palu, Minggu (15/03/2020).

Yustini menegaskan, pihaknya menerapkan beberapa pola dalam proses pemeriksaan yang akan dilakukan yakni, screening, kemudian mengidentifikasi gejala awal yang dirasakan seperti demam dan bantuk.

Menurutnya, jika ada warga yang merujuk terinfeksi Covid-19 dan memerlukan penanganan serius, maka pihaknya akan langsung merujuk ke RS Undata ataupun Anutapura.

“Pemeriksaan yang lebih spesifik yang akan dilakukan adalah, menanyakan apakah warga tersebut pernah bepergian keluar daerah atau luar negeri. Kalau memang butuh penanganan serius baru kita rujuk ke rumah sakit yang telah ditetapkan,” jelasnya.

Pelayanan kesehatan ini sendiri akan dibuka selama satu bulan dengan jam kerja 1×24 jam. Dimana setiap harinya akan ada satu tim yang terdiri dari enam orang baik dari tim medis maupun perawatnya.

“Buka 24 jam, layanan ini gratis karena semua ditanggung pemerintah,” pungkasnya.(sobirin)

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 114 times, 1 visits today)