Cegah Covid-19, Orang Masuk Tolitoli Diperiksa Ketat

oleh -
Pemeriksaan suhu tubuh di Tolitoli.(Foto:dok)

PALU, Kabar Selebes – Sebagai upaya pencegahan dan antisipasi penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Tolitoli sejak selasa (17/3) dilakukan pemeriksaan kesehatan secara ketat kepada seluruh orang yang akan masuk ke Wilayah Kabupaten Tolitoli baik melalui jalur darat, laut maupun udara.

“Kebijakan pemeriksaan kesehatan secara ketat itu tertuang dalam Surat Edaran Bupati Tolitoli nomor 800/92.04/DISKES – TLI/2020 tanggal 16 Maret 2020 tentang Pencegahan dan Antisipasi Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tolitoli Provinsi Sulawesi Tengah,” sesuai keterangan tertulis dari Bagian Prokopim Setda Kabupaten Tolitoli, Rabu, 18 Maret 2020.

Untuk orang yang masuk lewat jalur darat, dilakukan sweepping di 3 titik pemeriksaan yakni di Desa Lakuan Kecamatan Tolitoli Utara untuk orang yang masuk dari wilayah Kabupaten Buol, di Desa Labonu Kecamatan Basidondo untuk orang yang masuk dari Wilayah Kabupaten Parigi Moutong dan di Desa Kombo Kecamatan Dampal Selatan untuk orang yang masuk dari Kabupaten Donggala. Pemeriksaan dilakukan di Posko yang didirikan oleh tenaga Kesehatan yang melibatkan aparat pengamanan dari Kepolisian Sektor (Polsek) setempat.

Khusus di Posko Pemeriksaan Desa Labonu Kecamatan Basidondo, sampai dengan hari kedua (Rabu, 18/3) telah melakukan pemeriksaan terhadap lebih dari 400 orang yang masuk dari wilayah Kabupaten Parigo Moutong. Dari jumlah yang diperiksa tersebut, baru 2 orang ditemukan yang suhu badannya di atas normal yakni lebih dari 38 derajat, namun tidak menunjukkan gejala lain yang mengindikasikan mengidap covid-19.

Selain orang yang masuk lewat jalur darat, juga telah dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh teehadap orang yang masuk lewat jalur laut yang menumpang kapal dari Kota Tarakan Kalimantan Utara. Sedangkan yang masuk lewat jalur udara sebelumnya telah dilakukan di Bandar Udara Sultan Bantilan Tolitoli.

(Sumber: Irfan Badaruddin/Tim Liputan Bagian Prokopim Setdakab Tolitoli)

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 88 times, 1 visits today)