PilihanSulawesi Tengah

Satgas Covid-19 Minta 12 Pemancing asal Surabaya tak Kembali Lagi ke Tolitoli

1177
×

Satgas Covid-19 Minta 12 Pemancing asal Surabaya tak Kembali Lagi ke Tolitoli

Sebarkan artikel ini
Para pemancing asal Surabaya Jawa Timur di pelabuhan Tolitoli.(Foto:Dok PPID)

TOLITOLI, Kabar Selebes – Satuan Tugas Corona Virus Disease 2019 (Satgas Covid-19) Kabupaten Tolitoli, Kamis siang (19/3/2020) menemui crew pemancing yang tergabung dalam Anchor Team yang dikoordinir oleh Awi Universal di Pelabuhan Hajji Hayyun Tolitoli. Hal itu dilakukan mengingat 12 orang pemancing merupakan pendatang baru di Tolitoli yang berasal dari Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur.

Meskipun sebelumnya telah dilakukan pemeriksaan secara intensif di Puskesmas Kota Managaisaki Tolitoli dan tidak ditemukan adanya orang dengan suhu badan di atas normal, namun sebagai upaya pencegahan masuknya wabah Covid – 19 di Kabupaten Tolitoli maka ke 12 orang tersebut dianjurkan agar setelah aktivitas pemancingan, tidak kembali lagi ke Tolitoli.

BACA JUGA :  Warga Poso Masuk ODP, Pemda Sebut Dua Warganya Negatif Covid-19

Wakil Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Tolitoli Bakri Idrus, A.Pt.,MM yang turun bersama jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Tolitoli bersama Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Baolan AKP. Army serta Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Setdakab Tolitoli Arham A. Jacub, SH selaku ketua seksi publikasi dan data  Satgas Covid-19 menyampaikan kepada seluruh pemancing bahwa anjuran yang disampaikan kepada seluruh pemancing Anchor Team ini juga dalam rangka pelaksanaan dari Surat  Edaran Bupati Tolitoli nomor 800/92.04/DINKES – TLI/2020 tanggal 16 Maret 2020 tentang Pencegahan dan Antisipasi Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tolitoli Provinsi Sulawesi Tengah. Salah satu poin surat itu adalah mengimbau untuk menunda seluruh kegiatan/event yang akan melibatkan banyak orang baik kegiatan indoor maupun kegiatan outdoor yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah / swasta /ormas sampai dengan waktu yang kondusif.

BACA JUGA :  Kerjasama dengan Kwarcab Palu, Alumni SMKN 5 akan Bagikan 1.000 Masker Gratis

Setelah dilakukan dialog diperoleh kesepakatan yakni  crew mancing Anchor Team akan melakukan aktivitas di tengah laut wilayah perairan Dampal Utara sampai Kabupaten Donggala. Mereka tidak menyinggahi daratan dalam wilayah Kabupaten Tolitoli selama 4 hari melakukan aktivitas pemancingan

“Setelah 4 hari, ke 12 orang pemancing asal Surabaya langsung menuju Desa Pangalasiang dan dijemput oleh Biro Perjalanan Lorena menuju Palu. Sedangkan yang kembali ke Tolitoli hanya Awi Universial dan beberapa  anak buah kapalnya; dan setibanya di Tolitoli, Awi Universal dan ABKnya akan dilakukan lagi pemeriksaan secara menyeluruh oleh tim medis di Pelabuhan Hajji Hayyun,” kata Bakri Idrus.(abd/hum/ppid)

BACA JUGA :  Cegah Kekurangan Pangan di Tengah Pandemi Covid-19, ACT Gelar Operasi Pangan di Sigi

Laporan :Amalia Syahrullah

Tim Liputan Bagian Prokopim Setdakab Tolitoli