Dinkes Kota Palu Akui Kekurangan Masker dan Hand Sanitizer

oleh -

PALU, Kabar Selebes – Pemerintah kota Palu melalui Dinas Kesehatan Kota Palu saat ini tengah mengusahakan ketersediaan hand sanitizer dan juga masker di tengah terbatasnya persediaannya di Kota Palu saat wabah COVID-19 mulai marak di Indonesia.

Hal ini disampaikan oleh drg. Luthfia Sahbudhin selaku ketua Tim penanganan COVID-19 Pemkot Palu saat ditemui pada Jum’at (20/03/2020).

“Sekarang kami lagi mengusulkan untuk pembelian dan berkordinasi dengan pemerintah kota Palu,” kata Luthfia.

Ia mengakui ketersediaan masker saat ini memang sangat terbatas dan kemarin pihaknya sudah mendistribusikan masker ke  seluruh puskesmas di Kota Palu Itupun dengan jumlah yang sangat minim,” ujarnya.

Sementara itu pihaknya belum bisa menjanjikan kepada masyarakat kapan ketersediaan masker dan hand sanitizer tersedia.

“Kami belum bisa janji, tunggu barangnya ada dulu,” kata dia.

Selain itu drg Lutfiah menyampaikan belum bisa memastikan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di kota Palu saat ini. Pasalnya  ada perubahan definisi ODP dan PDP pada tanggal 16 kemarin sementara akan melakukan rapat terlebih dahulu untuk menangani hal tersebut pada hari Senin nanti “Jadi Saya belum berani mengungkapkan karena takut salah,” lanjutnya.

Untuk pencegahan sementara COVID-19, pihak dinkes Kota Palu saat ini terus mengimbau kepada masyarakat untuk self Isolasi dan sementara melakukan proses untuk penyemprotan disinfektan ke puskesmas-puskesmas di Kota Palu.

“Kami juga membentuk tim surveylance untuk melakukan pelacakan pada masyarakat. Walau demikian, tidak semua masyarakat bisa diperiksa dirumah karena keterbatasan tenaga oleh pihak dinkes,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu Ia juga meminta media ikut membantu mengajak masyarakat untuk tetap menjaga diri agar terhindar dari COVID-19 dan memberitakan hal-hal yang humanis kepada masyarakat.

“Tolong untuk media sampaikan kepada masyarakat tetap menjaga diri, rajin mencuci tangan, dan menghindari tempat keramaian untuk sementara,” pungkasnya (abd/ap)

Laporan : Adi Pranata

.

.

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 55 times, 1 visits today)