Relawan PKS Bagikan Tempat Pencuci Tangan ke Base Camp Ojol Palu

PALU, Kabar Selebes – Berbagai kalangan terus berupaya untuk mencegah penyebaran Covid-19. Salah satunya seperti yang dilakuka oleh relawan Partai Keadilan Sejahtera di Kota Palu, dengan membagikan tempat pencuci tangan di bascamp driver ojek online (Ojol).

Upaya itu sendiri dilakukan, mengingat driver ojol merupakan kelompok yang paling rentan terpapar wabah virus corona. Pasalnya, imbauan pemerintah untuk bekerja, belajar dan beribadah di rumah tentu tidak mudah diterapkan oleh mereka yang hanya bergantung pada penghasilan harian.

“Buruh, pekerja harian dan pengemudi ojek online (ojol) ataupun ojek pangkalan adalah contoh pekerja yang tidak bisa bekerja di rumah atau membawa pekerjaannya di rumah. Sehingga kami berinisiatif untuk membagikan tempat pencuci tangan ini dengan harapan mereka selalu dapat menjaga kebersihan, khususnya tangan mereka,” ungkap Wakil Ketua DPW PKS Sulteng, Rusman Ramli, Minggu (29/03/2020).

BACA JUGA :  Warga Depok Terjangkit Corona saat Berdansa di Hari Valentine

Selain tempat pencuci tangan, masker dan hand sanitaizer turut dibagikan sebagai upaya proteksi dini terhadap penyebaram virus tersebut.

Ia juga mengaku, perlu ada kebijkan dari pemerintah mengenai permasalah ini. Sehingga rencana revisi anggaran yang akan dilakukan Pemkot Palu dengan mengacu pada Keputusan Menteri Keuangan No. 6/2020 dan PMK Nomor 19/PMK.07/2020 tentang Penyaluran dan Penggunaan Dana Bagi Hasil, Dana Alokasi Umum, dan Dana Insentif Daerah tahun anggaran 2020, turut mengakomodir mereka.

BACA JUGA :  Lima Titik Perbatasan Jalan Masuk Kabupaten Poso Diberlakukan Buka Tutup

“Jangan sampai melupakan masyarakat yang berpenghasilan rendah (pekerja harian, buruh, tukang ojek, dll) yang mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya akibat kebijakan Stay at Home  ataupun Lockdown nantinya, jadi harus ada skema yang dibuatkan bagi mereka oleh Pemkot Palu,” harapnya.

Bantuan inipun turut di apresiasi oleh driver ojol. Pasalnya, swlama wabah virus corona merebak di Kota Palu, penghasilan mereka mengalami penurunan drastis. Meski demikian mereka tetap harus bekerja demi memenuhi kebutuhan hidup.

BACA JUGA :  Kembali ke Sigi, 9 TKW Asal Dubai dan Malaysia Sudah di Rumah Sebelum Dikarantina

Para driver juga telah menyampaikan protokol keselamatan dalam bekerja ditengah pandemi ini, diantaranya menggunaka  masker, sarung tangan, atribut lengkap, penutup leher, sepatu, kaos kaki, dan hand sanitizer untuk menjaga kenyamanan, keamanan dan kesehatan.

“Terimakasih pak. Ini sangat membantu, karena kami sebagian besar bergantung dari penghasilan ojek meskipun harus bekerja ditengah wabah virus ini,” ungkap Nandar salah satu driver ojol.(abd/sob)

Laporan : Mohammad Sobirin

Silakan komentar Anda Disini....