Seluruh Anggota dan Pimpinan DPRD Palu Sepakat Sumbangkan Anggaran Perjalan Dinas

oleh -
Suasana rapat internal anggota DPRD Kota Palu saat melakukan pembahasan pergeseran anggara perjalan dinas untuk membantu Penanganan Covid-19, Kamis (02/04/2020)

PALU, Kabar Selebes – Melalui rapat internal yang berlangsung di ruang Ketua DPRD Kota Palu, Kamis (2/4/2020), seluruh anggota dan unsur pimpinan legislatif sepakat untuk menyumbangkan anggaran perjalan dinas mereka, guna membantu pencegahan dan penanganan Covid-19.

Suasana rapat internal anggota DPRD Kota Palu saat melakukan pembahasan pergeseran anggara perjalan dinas untuk membantu Penanganan Covid-19, Kamis (02/04/2020)

.

Dalam kesepakatan tersebut, anggota DPRD menyepakati dua anggara perjalan dinas dan unsur pimpinan sebanyak lima kali, bahkan anggara untuk perjalan keluar negeri bagi pimpin DPRD turut digeser untuk menangani wabah virus tersebut.

“Kami sudah sepakat, jadi total anggaran yang akan digeser sekitar Rp1,8 milyar. Dimana kalau dihitung, setiap anggota menyumbangkan Rp30 juta untuk dua kali perjalan dinas, sementara unsur pimpinan lima kali termasuk anggara perjalan dinas keluar negeri,” ungkap Wakil Ketua II DPRD Palu, Rizal Dg Sewang melalui sambungan telepon.

Politisi PKS ini juga menjelaskan, dalam rapat itu beberapa anggota juga mengusulkan pergeseran anggara seperti rehab kantor DPRD sekitar Rp3 milyar, dan beberapa pembiayaan lainnya untuk menangani dampak dari virus Corona.

Pasalnya, yang harus menjadi perhatian bersama dari wabah virus itu bukan hanya persoalan kesehatan, namun dampak sosial kepada masyarakat khususnya menyangkut penghidupan masyarakat.

“Jadi teman-teman juga tadi mengusulkan pergeseran anggara lainnya. Karena kondisi sosial masyarakat juga harus kita perhatikan, terutama mereka yang di PHK. Jadi uang yang terkumpul itu bisa dibelikan sembako atau memberikan mereka bantuan,” paparnya.

Dengan adanya kesepakatan tersebut, pihaknya akan segera mendesak pemerintah untuk segera melakukan pembahasan bersama pergeseran anggara. Sebab menurutnya, sampai saat ini belum ada realisasi dari hasil pembahasan pergeseran anggara seperti yang disampaikan oleh walikota.

“Secepatnya kami akan minta pemerintah merampungkan draf pergeseran anggara untuk dibahas dan disahkan. Karena sekarang belum ada realisasi dari progres penanganan wabah virus ini seperti yang disampaikan walikota,” tutupnya.(abd/sob)

Laporan : Mohammad Sobirin

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 319 times, 1 visits today)