Cegah Covid-19, Warga Kompleks Perumahan di Sigi Sepakat Bersihkan Lingkungan

SIGI, Kabar Selebes – Untuk mengantisipasi penyebaran wabah Covid-19, atau virus Corona, warga kompleks perumahan The Green Lando, yang berada di Desa Kalukubula, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, berinisiatif melakukan aksi bersih-bersih lingkungan. Mereka bersepakat melakukan kerja bakti, sebagai sebagai salah satu upaya memerangi virus Korona, Sabtu (4/4/2020).

Yoyo, salah seorang pemilik rumah yang berada di kompleks perumahan The Green Lando, mengatakan kegiatan bersih-bersih lingkungan yang dilakukan tersebut, digagas bersama-sama untuk membersihkan sampah dan rumput liar yang tumbuh di sekitar perumahan. Termasuk merapikan pepohonan yang ada dengan menebang sebagian dahannya, yang bisa menghalau jalan masuk kompleks.

BACA JUGA :  Kerjasama dengan Kwarcab Palu, Alumni SMKN 5 akan Bagikan 1.000 Masker Gratis

“Selain membersihkan sampah-sampah, kami juga melakukan penyemprotan disinfektan di setiap rumah-rumah yang ada. Kami sepakat melakukan kegiatan bersih-bersih hari ini, untuk menghindari penyebaran virus Corona di sekitar tempat tinggal kami,” ujar Yoyo, Sabtu siang, usai melakukan kerja bakti tersebut.

Selain melakukan penyemprotan disinfektan, warga di perumahan tersebut juga melakukan penyemprotan racun rumput terhadap rumpit liar yang tumbuh di kompleks perumahan, dengan tujuan untuk menghindari berkembang biaknya tikus tanah, termasuk hewan melata seperti ular dan kadal.

BACA JUGA :  Hari Pertama Patroli Masker, Seluruh Warga Palu Tiba-tiba Patuh

Untuk kegiatan tersebut, bahan penyemprotan seperti disinfektan dan racun rumput, merupakan persediaan dari warga kompleks sendiri, yang sengaja dipersiapkan untuk kegiatan bersih-bersih lingkungan tersebut, termasuk sabun sebagai pencuci tangan.

Menurut Yoyo, kegiatan serupa akan kembali mereka lakukan dengan tujuan yang sama, yakni menerapkan lingkungan hidup bersih dan sehat, sebagai antisipasi terhadap ancaman virus Korona, dimana berdasarkan informasi resmi yang dikeluarkan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah, terdapat 2 PDP di Kabupaten Sigi, sementara di Sulteng secara umum terdapat 109 ODP dan 27 PDP.

BACA JUGA :  Hari Pertama UNBK di Tengah Waspada Corona Berjalan Lancar

Dari jumlah itu, 4 orang terkonfirmasi positif Covid-19. 2 pasien di rawat di RSUD Undata dan 1 pasien di rawat di RSU Anutapura, sementara satu orang diantaranya telah meninggal. Yoyo bersama warga kompleks lainnya berharap Covid-19 tidak menyebar hingga ke lingkungan mereka. (mtm/rkb)

Laporan : Rifaldi Kalbadjang

Silakan komentar Anda Disini....