BPTP Sulteng Semprot Disinfektan di Huntara Lolu

  • Bagikan

SIGI, Kabar Selebes – Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Tengah menyemprotkan disinfektan di hunian sementara (huntara) Desa Lolu, Kecamatan Biromaru, Kabupaten Sigi pada Selasa (7/4/2020).

Kepala BPTP Sulteng, Fery F. Munier mengungkapkan, huntara merupakan tempat yang paling rentan terkena wabah virus corona sehingga sangat penting jika dilakukan penyemprotan disinfektan dalam hal pencegahan.

“Kenapa kita pilih di huntara karena mereka ini   hidupnya sangat berdekatan sangat berpotensi besar untuk terkena wabah virus corana, selain itu mereka  merupakan korban gempa bumi pada 28 September silam.sehingga menjadi prioritas kita untuk melakukan penyemprotan disinfektan,” kata Fery.

Lanjut, kata Fery ini merupakan kali kedua kegiatan yang dilaksanakan oleh BPTP selama pandemi Covid 19 di Kabupaten Sigi.

Dirinya menambahkan hari pertama kegiatan kami laksanakan dengan memberikan pelatihan singkat kepada masyarakat cara membuat antiseptik maupun hand sanitaizer.

“Dengan harapan pelatihan singkat yang diberikan tersebut mampu dikembangkan lagi oleh masyarakat untuk membuat antiseptik dan hand sanitaizer sendiri,” ungkapnya.

Sementara itu kata, Suratman salah seorang penyintas huntara Desa Lolu, mengatakan ini merupakan penyemporotan disinfektan yang kedua kalinya  selama penyebaran virus corona. Sebelumnya penyemprotan dilakukan oleh PMI.

Namun, kata Suratman sejauh ini belum perhatian dari pemerintah setempat terkait pencegahan dengan penyebaran wabah virus corona.

“Hingga saat belum ada pemerintah yang datang ke huntara kami ini untuk memberikan sosialilasi tentang bahaya penyebaran virus corona sejauh ini belum ada yang datang,” ungkapnya.(abd/rkb)

Laporan: Rifaldi Kalbadjang

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan