Pemprov Sulteng Pesan Laboratorium RT-PCR Pendeteksi Covid-19 dari Inggris

Perawat RSU Undata Palu

PALU, Kabar Selebes – Guna memudahkan dan mempercepat pendeteksi penyebaran Covid-19, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah (Sulteng) akan menguji metode Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) gen N dan sequencing atau pengurutan DNA buatan Inggris guna mendeteksi adanya virus Corona.

Penyedia alat-alat itu dipaparkan langsung juru bicara Pusdatina Provinsi Sulawesi Tengah, Drs Moh Haris Kariming, Selasa di Posko junalis liputan covid-19 Sulteng (7/4/2020). Menurutnya hasil swab para pasien Pasien Dalam Pemeriksaan (PDP) tidak perlu lagi dikirimkan ke luar daerah karena akan di uji di Palu untuk kemudian bisa diketahui hasilnya.

BACA JUGA :  Antisipasi Penimbunan Masker Pasca Kasus Corona, Dinkes Sulteng dan BPOM akan Turun Lapangan

“Iya kita sudah memesan laboratorium RT-PCP di Inggris, kualitasnya sama dengan alat laboratorium yang ada di Makassar dan Jakarta. Laboratorium itu adalah rekomendasi dalam E-Catalog, saat ini barangnya sudah ada di Jakarta dan dalam proses pengiriman ke Sulawesi Tengah, paling cepat Kamis mendatang kita sudah uji coba,” ungkap Haris.

Menurutnya, pembelian peralatan medis itu dibeli senilai Rp3 miliar, dengan tujuan untuk memudahkan proses penyebaran covid-19 bisa cepat terdeteksi.

BACA JUGA :  Hari Ini Jumlah Positif Covid-19 di Sulteng 115 Kasus, Tapi yang Sembuh sudah 24 Orang

Sementara terkait kesiapan Sumberdaya Manusia, Haris mengaku Pemprov sendiri memiliki dokter ahli untuk mengoperasikan peralatan itu.

“Sejumlah alat kecil saat ini sudah di kirimkan, namun peralatan lab utama seberat dua ton sedang dalam proses pengiriman, Sabtu nanti sudah dikirimkan dan direncanakan tujuh hari sudah sampai di Palu,” tambahnya.

Nantinya peralatan itu akan di tempatkan di Laboratorium Kesehatan Provinsi Sulteng yang ada di RS Undata lama Jalan Suharso, Kelurahan Besusu Barat, Kecamatan Palu Timur.(abd/sob)

BACA JUGA :  Jadi PDP di RSU Anutapura, Seorang Jamaah Tabligh di Palu Meninggal

Laporan : Mohammad Sobirin

Silakan komentar Anda Disini....