Satu Warga Poso Masuk PDP, Warga Diminta Tidak Panik

oleh -
RSU Poso

POSO, Kabar Selebes – Satu Warga di Kabupaten Poso, Sulteng kini berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) virus corona.

Hal itu dibenarkan Juru Bicara (Jubir) Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Poso, dr. Marwan Neno saat dikonfirmasi wartawan melalui sambungan telepon dari posko jurnalis Poso Liputan Covid-19, Selasa malam (7/4/ 2020).

Menurut Marwan Neno, kini warga Poso yang masuk PDP tengah diisolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Poso.

“Iya benar ada satu warga Poso berstatus PDP setelah yang bersangkutan dilakukan pemeriksaan oleh tim dokter gugus tugas covid-19 Kabupaten Poso,” ucapnya.

Marwan menjelaskan, warga yang berstatus PDP tersebut memiliki riwayat kontak dengan penderita yang positif corona saat berada di wilayah kota Palu.

“Setelah dilakukan rapid test hasilnya positif. Tetapi belum mengartikan bahwa pasien PDP tersebut positif corona karena masih diperlukan langkah selanjutnya yakni pemeriksaan swab PCR test,” jelasnya.

Menurutnya warga yang berstatus PDP itu telah dilakukan pemeriksaan swab dengan menggunakan metode Polymerase Chain Reaction (PCR).

“Saat ini kami menunggu hasil akhir dari pemeriksaan ini, nantinya dari hasil pemeriksaan tersebut akan menentukan apakah yang bersangkutan terkonfirmasi positif atau negatif virus Covid-19,” paparnya.

Terkait hal itu pihak tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Poso meminta warga Poso tidak perlu panik dan cemas, karena saat ini orang yang berstatus PDP tersebut dalam penanganan tim dokter gugus tugas dalam kondisi membaik.

“Kondisi pasien dalam pengawasan dirawat di RSUD Poso dalam keadaan stabil dan baik,” sebutnya.

Marwan menambahkan, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Poso saat ini mencatat ada ketambahan data kasus covid-19 di Kabupaten Poso. Data itu telah dirilis per tanggal 7 April 2020 jam 19.00 Wita yakni 9 Orang berstatus ODP, satu berstatus PDP dan satu berstatus OTG.(abd/rdm)

Laporan: Ryan Darmawan

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 1.756 times, 1 visits today)