Bantu Korban Gempa, Bumi Resources Bangun Huntap di Sigi

  • Bagikan

PALU, Kabar Selebes – PT. Bumi Resources Tbk dan PT. Citra Palu Minerals (CPM) sebagai Kelompok Usaha Bakri (KUB)  bekerja sama dengan Habitat For Humanity membangun sepuluh unit hunian tetap bagi korban bencana alam gempa bumi di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Sepuluh unit hunian tetap itu dibangun di Desa Lolu, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupten sigi. Sepuluh Kepala Keluarga yang menerima hunian itu merupakan warga yang kurang mampu yang sebelumnya rumah mereka  rusak berat akibat gempa bumi pada 28 september 2018 silam.

Pengawasan lapangan Habitat for Humanity, Laura Fransisca Siahaan mengatakan sebelum membangun hunian tetap ini pihaknya melakukan asesmen lebih dulu dengan berkoordinasi dengan pemerintah setempat  agar para penerimaan manfaat benar-benar tepat sasaran.

Laura sapaan akrabnya menjelaskan hunian tetap yang dibangun itu menggunakan konstruksi beton,baja ringan dan kalsiboard. Sehingga meminimalisir adanya korban jiwa jika terjadi gempa bumi.

“Pembangunan awal ini dimulai pada akhir maret. Kami menargetkan pembangunan akan selesai pada akhir mei nanti,” kata Laura yang ditemui pihak CPM ketika berada di lokasi pembangunan di Desa Lolu, belum lama ini.

hunian tetap yang dibangun bagi korban bencana alam ini berukuran 36 meter persegi dan dibangun dilokasi rumah mereka sebelumnya.

Salah seorang penerima manfaat dari hunian itu, Erwin mengaku sangat bersyukur dengan adanya bantuan rumah permanen tersebut.

“ saya ini cuma pekerja serabutan. Biasanya kerja di sawah dan buruh bangunan dan belum memiliki uang lebih untuk membangun kembali rumah kami yang rusak berat,” ujar Erwin.

Sebelumnya Dimasa tanggap darurat pada 2018 silam PT. Bumi Resources bersama PT. Citra Palu Mineral juga aktif menyalurkan bantuan kepada korban bencana alam gempa bumi, tsunami serta likuefaksi. Bantuan itu berupa sembako, perlengkapan bayi maupun obat-obat dan vaksin.

“Dimasa rehabilitasi dan rekontsruksi ini kami juga menyalurkan bantuan untuk pembangunan hunian tetap bekerja sama dengan Habitat For Humanity,” kata Superintendent Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat ( PPM) dan CSR PT. CPM, Rahyunita Handayani.

Rahyunita Handayani mengungkapkan bantuan ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat.

“Pascabencana pada 2018 silam kami melihat masih banyak warga yang tinggal di hunian sementara . Sehingga kami berinisiatif untuk membantu para korban bencana alam itu dengan membangun hunian tetap meskipun jumlahnya masih sangat minim,” kata Rahyunita Handayani.

Bantuan hunian tetap ini diharapkan dapat meringankan beban para korban bencana alam di Sigi termasuk membangkitkan kembali ekonomi keluarga mereka.(abd)

Laporan : Abdee Mari

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan