Wawali Palu Pasha : Yang Tidak Berkepentingan Jangan Masuk Palu

Walikota Palu Hidyaat dan Wakil Walikota Palu Sigit Purnomo Said alias Pasha.(foto: Moh.Ifan Taufan)

Pelaku Perjalanan dari Daerah Lain Meningkat Drastis

PALU, Kabar Selebes – Pelaku perjalanan dari daerah luar menuju ke kota Palu per Selasa (14/04/202) sudah mencapai 1.258 orang.

Ketua Tim surveillance Kota Palu dr. Rahmat menyatakan, per selasa, data jumlah pelaku perjalanan mengalami peningkatan yang cukup drastis.

“Utamanya setelah melakukan tim melakukan pemantauan, angka pelaku perjalanan bertambah cukup banyak,” kata dr. Rahmat saat menyampaikan laporan perkembangan infeksi virus corona, di baruga Lapangan Vatulemo Palu Selasa malam.

Berdasarkan data dari satgas penanganan dan pemantauan covid-19 di Kota Palu, per Senin (13/04/2020) pelaku perjalanan yaitu berjumlah 1.053. Hal ini berarti bahwa, ada penambahan pelaku perjalanan sebanyak 205 orang sampai dengan Selasa.

BACA JUGA :  Hasil Rapid Test, 12 OTG Poso Positif Covid-19

dr. rahmat menyebut, dari 1.258 pelaku perjalanan, sebanyak 900 orang telah melewati masa inkubasi selama 14 hari, sementara yang masih dalam pemantauan yakni berjumlah 358 orang.

Dari data pemantauan ini, Wakil Walikota Palu, Sigit Purnomo Said yang hadir  pada kesempatan itu menyampaikan, agar kiranya  masyarakat yang tidak berkepentingan untuk tidak memasuki kawasan kota Palu. Hal ini kata Pasha, guna upaya mengurangi Orang Dalam Pemantauan dan Pasien Dalam Perawatan yang terus meningkat karena banyaknya pelaku perjalanan.

BACA JUGA :  VIDEO: Disebut Bisa Sembuhkan Corona, Harga Jahe di Palu Melonjak Drastis

Mostly, mayoritas yang jadi PDP dan ODP di kota Palu, yakni merupakan pelaku perjalanan,” kata Pasha, sapaan akrabnya.

Dengan demikian lanjutnya, untuk warga dari luar yang ingin memasuki kota Palu kiranya mengikuti segala protap pemeriksaan yang dilakukan di tiap titik perbatasan kota Palu.

“Semoga semua yang kita harapkan untuk terhindar dari virus Corona senantiasa tercapai, dan juga angka ini berkurang bisa mencapai angka zero,” pungkasnya.

Perkembangan infeksi virus corona di Kota Palu berdasarkan data tim Surveillance hingga saat berita ini diterbitkan, jumlah yang ditetapkan berstatus ODP (orang dalam pemantauan) yaitu berjumlah 179 orang, dimana 159 orang telah selesai dilakukan pengawasan. sedangkan untuk PDP (Pasien dalam Pengawasan) yaitu berjumlah 10 orang, dimana 4 orang telah dinyatakan sembuh, dan 6 orang lainnya masih dirawat di rumah sakit.

BACA JUGA :  Kurangi Jam Kerja, Pemkot Palu Berikan Sembako kepada Peserta Padat Karya Palu

Sementara itu, jumlah pasien yang dinyatakan positif corona berjumlah sebanyak 7 orang, 2 orang dinyatakan sembuh, 2 orang meninggal dunia dan 3 lainnya masih dirawat dirumah sakit rujukan Covid19. (abd/ap)

Laporan : Adi Pranata

Silakan komentar Anda Disini....